Mantap! Ini Terobosan Cubadak Mentawai Dalam Menggenjot Pertumbuhan Ekonomi Desa




Wakil Walikota Pariaman Genius Umar menghadiri Rembug Desa yang dilaksanakan oleh perangkat Desa Cubadak Mentawai, Kecamatan Pariaman Timur bertempat di Mesjid Raya Cubadak Mentawai, Sabtu (19/11).

Rembug Desa dalam rangka pembentukan unit Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam rupa Desa S'Mart (Mini Market Desa) yang akan dikelola oleh desa untuk desa.

"Desa S'Mart milik BUMDes Cubadak Mentawai merupakan satu-satunya di Sumatera Barat dan kota di Indonesia yang mendapat bantuan dari Kementerian Desa RI," ungkap Genius memberikan apresiasi.

Rembug Desa yang digelar terbuka dan transparan di mesjid, menurut Genius, adalah sebuah langkah maju dimana pada saat bersamaan setiap masyarakat yang hadir dapat memberikan ide dan masukan untuk membuat keputusan atas azas kemufakatan bersama.

Usaha gemilang masyarakat desa dalam membentuk unit BUMDes di Desa Cubadak Mentawai, diakui Genius akan menjadi proyek percontohan bagi desa lainnya di Kota Pariaman.

Genius meyakini, jika semua desa di Pariaman memiliki BUMDes dan unit usaha seperti Desa S'Mart yang dimiliki Desa Cubadak Mentawai, akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Pariaman secara keseluruhan--dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat demi terwujudnya cita-cita bangsa Indonesia yang tertuang dalam Pancasila dan Pembukaan UUD 45.

"Di samping itu, Desa Cubadak Mentawai juga sedang membuat Pasar Nagari yang dananya berasal dari APBDesa. Ini progress (langkah maju) yang sangat luar biasa," pungkas Genius.

Bantuan Desa S'Mart yang diterima Desa Cubadak Mentawai senilai Rp200 juta dari Kementerian Desa dan Daerah tertinggal RI, diperuntukan untuk belanja barang berikut software/hardware serta pelatihan kasir.

TIM