Cabai Merah Keriting Turun Harga, Giliran Bawang dan Cabai Rawit Melonjak Naik



Harga cabai merah keriting dalam kurun dua pekan hingga sekarang mengalami kenaikan signifikan. Harga cabai yang jauh dari harga normal Rp30 ribu/kilogram itu bahkan sempat dijual seharga Rp90 ribu/kilogram di pasar Pariaman.

Namun hari ini, Senin (14/11), kata Kepala Dinas Koperindag Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit, disebutkan harga cabai merah keriting di pasar Pariaman mengalami penurunan dari Rp80ribu/kilogram dua hari sebelumnya, menjadi Rp68 ribu/kilogram. Sedangkan harga cabai rawit masih tetap di posisi Rp50 ribu/kilogram.

Tidak stabilnya harga cabai, imbuh Gusniyeti Zaunit, diikuti kenaikan harga bawang merah yang dari pendataan harga pasar hari ini oleh pihaknya, mencapai Rp35 ribu/kilogram.

Pihaknya memastikan naik turunnya harga cabai disebabkan oleh minimya pasokan komoditi tersebut dari petani ke pedagang. Cabai yang dominan dipasok dari petani cabai di Curup provinsi Bengkulu sangat terbatas.

"Minimnya pasokan juga disebabkan karena tingginya curah hujan yang menyebabkan cabai hasil panen petani di sejumlah wilayah mengalami kebusukan sehingga hasil panen petani cabai jadi berkurang," terang Gusniyetti Zaunit.

Gusniyetti menyebutkan, perihal harga cabai, pihaknya sudah melaporkan hal tersebut kepada Bulog provinsi agar dicarikan solusinya.

"Kita berharap harganya kembali normal. Beberapa waktu lalu pihak Bulog sempat merencanakan jika harga cabai terus merangkak naik maka akan dilakukan subsidi harga," ungkap Gusniyetti.

Subsidi harga terangnya, dilakukan dengan membeli cabai dari petani lalu menjualnya langsung dengan harga murah kepada masyarakat.

"Rencana itu ada, namun sekarang harga cabai kelihatannya mengalami kecenderungan penurunan," jelasnya.

Terpisah, Maan (40), salah seorang pemilik rumah makan di Pariaman mengakui kenaikan harga cabai selalu berpariasi tiap harinya. Kadang naik, kadang turun.

"Karena cabai merupakan kebutuhan pokok bagi rumah makan, semahal apapun tetap kita beli," ujarnya.

Meskipun demikian, pihaknya belum ada rencana untuk menaikan porsi harga di rumah makan miliknya.

"Sejauh ini harga porsi makanan yang kami jual masih normal, tidak dinaikan. Kita berharap harga cabai segera kembali normal," pungkasnya.

OLP