Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Komunitas Intelijen Kota Pariaman Diajarkan Menembak

1 September 2016 | 1.9.16 WIB Last Updated 2016-09-01T03:57:03Z


Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Kota Pariaman gelar latihan menembak di lapangan tembak Kodim 0308 Pariaman, Selasa pagi (30/8).

Sekitar 25 orang anggota komunitas yang berasal dari berbagai instansi penyelenggara fungsi intelijen di Kota Pariaman itu menguji ketangkasan menembak sasaran menggunakan senjata laras panjang jenis M 16 kaliber 5.6 dan pistol jenis FN 46 kaliber 9.2.

Kegiatan itu merupakan lanjutan rangkaian pendidikan dan latihan (diklat) yang diselenggarakan Kesbangpol Kota Pariaman sejak Senin (29/08) silam.

Kepala kantor Kesbangpol Kota Pariaman, Yusrizal mengatakan, kegiatan latihan menembak merupakan kerjasama antara kesbangpol Kota Pariaman selaku sekretariat Kominda dengan Kodim 0308 Pariaman.

Selain peningkatkan kemampuan intelijen dalam mendapatkan, mengumpukan, mengolah dan melaporkan informasi kepada pimpinan, namun latihan menembak juga diperlukan sebagai salah satu upaya meningkatkan kapasitas SDM anggota Kominda Kota Pariaman.

"Anggota komunitas yang memikili senpi baru dari kepolisian, TNI, namun anggota dari pemerintahan sipil daerah sementara ini belum ada," ulasnya

Dandim 0308 Pariaman, Letkol Arh Endro Nurbantoro mendukung latihan menembak Kominda Kota Pariaman. Digelarnya latihan menembak itu merupakan bentuk dukungan TNI kepada pemerintah setempat melalui peningkatan kemampuan komintas intelijen daerah.

"Kita sangat dukung kegiatan diklat Kominda ini, berbagai kompleksitas persoalan yang dihadapi oleh daerah dan negara memang membutuhkan informasi, saran dan rekomendasi untuk lahirnya kebijakan yang tepat," sebutnya.

Sebelumnya, Wakil walikota Pariaman, Genius Umar saat membuka diklat kominda Kota Pariaman, Senin (29/8) silam menyatakan bahwa komunitas intelijen daerah (kominda) memiliki peranan strategis dalam lahirnya kebijakan yang dilahirkan Pemko Pariaman.
 

Komunitas gabungan dari beberapa instansi penyelenggara intelijen seperti Kodim 0308 Pariaman, Polres Pariaman, Kejari Pariaman, Kesbangpol Kota Pariaman, Kamla TNI, BIN.

Peran strategis itu, lanjut Genius harus diimbangi dengan SDM intelijen yang andal dalam melakukan aktivitas, mengelola organisasi dan melahirkan produk intelijen yang tepat yang didasari semboyan velox et exactus (kecepatan dan ketepatan).

Nanda/OLP
×
Berita Terbaru Update