Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Baznas Padangpariaman Bedah Rumah Rosmani

28 September 2016 | 28.9.16 WIB Last Updated 2016-09-28T12:08:58Z



Rosmani (55) tak kuasa menahan tangis ketika dikunjungi Bupati Padangpariaman Ali Mukhni di rumahnya. Warga Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging ini tak menyangka kedatangan orang nomor satu di Padangpariaman itu untuk program bedah rumah kerja sama dengan BAZNAS Padangpariaman.

Diketahui kondisi tempat tinggal Rosmani bersama lima orang anaknya tergolong rumah tidak layak huni.

"Alhamdulillah, terima kasih pak, impian kami untuk memiliki rumah yang layak huni segera terwujud," kata Rosmini berkaca kaca, Selasa (27/9).

Rosmini mengaku, saat ini dia tinggal di sebuah rumah berdinding terpal dan kayu. Rumah berukuran 3x5 meter itu sudah puluhan tahun ditempatinya. Di rumah tersebut, tambah Rosmani, juga tinggal dua kepala keluarga yaitu anak dan menantunya.

“Karena ada dua keluarga rumah kami buat sekat dengan kain dan terpal,” ujarnya haru.

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni saat peletakan batu pertama bedah rumah itu menyampaikan, bedah rumah ini merupakan program Baznas yang dananya berasal zakat ASN Padangpariaman. Adapun bantuan bedah rumah yang diberikan sebesar Rp12.500.000 kemudian ditambah satu juta rupiah atas nama bupati beserta keluarganya.

“Ibu bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasihlah kepada ASN Padangpariaman yang peduli dengan sesama masyarakat,” kata Ali Mukhni yang didampingi Ketua BAZNAS Syamsuadi Surma dan Kabag Humas Hendra Aswara.

Pada kesempatan itu, Ali Mukhni mengajak masyarakat untuk turut membantu pengerjaan bedah rumah dengan cara bergotong royong baik moril maupun materil.

"Mari kita gorokan bedah rumah ini, bagi yang tidak sanggup dengan dana bantu dengan tenaga," ujar Ali Mukhni seraya merogoh kantongnya ikut membantu Rp. 1 juta.

Menurut data Badan Pusat Statistik, di Padangpariaman terdapat 1.171 rumah tidak layak huni yang butuh penanganan segera. Ia mengaku telah meminta bantuan kepada pemerintah pusat serta penambahan anggaran pada APBD.

“Kita komit untuk program bedah rumah dalam percepatan pengentasan kemiskinan,” kata Peraih Satya Lencana Pembangunan itu.

Ketua Baznas Padang Pariaman, Syamsuardi surma menyampaikan, untuk tahun ini Baznas merencanakan untuk membantu 40 unit rumah layak huni untuk 40 keluarga miskin.

“Untuk bedah rumah, BAZNAS punya Program Padangpariaman Makmur untuk membantu rumah tidak layak huni,” kata Mantan Kabag Organisasi itu.

Sementara itu Wali Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Mayuni Dt. Kamulie menyatakan bahwa daerahnya dihuni sekitar 687 kepala keluarga (KK).

“Dari 687 KK itu terdapat 60 Rumah tidak layak huni. Atas nama warga kami mohon bantuan Pemda dan donatur,” pinta Mayuni. 

HA/OLP
×
Berita Terbaru Update