Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemkab Padangpariaman Akan Bangun Gedung Arsip

6 Agustus 2016 | 6.8.16 WIB Last Updated 2016-08-06T05:04:10Z


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padangpariaman, Jonpriadi, meminta Kantor Perpustakaan dan Arsip menganggarkan pembangunan gedung arsip daerah pada pembahasan APBD 2017 mendatang.

Gedung tersebut kata dia, nantinya berfungsi untuk penyimpanan seluruh arsip SKPD agar tertata rapi. Hal tersebut ia sampaikan ketika membuka Workshop Kearsipan di Anai Resort, Kamis (4/8).

“Insya Allah, atas izin Bapak Bupati dan DPRD, kita coba anggrakan pembangunan gedung arsip tahun depan,” kata Jonpriadi.

Kepada peserta workshop para ASN, dia meminta untuk merubah mindset mengenai pentingnya arsip. Ia menyayangkan masih ada anggapan bahwa arsip adalah urusan sampah, padahal kalau ASN mengabaikan arsip maka pemerintah daerah akan kehilangan data yang akurat terhadap penyelenggaraan roda pemerintahan.

“Contohnya, ketika penetapan hari jadi Kabupaten Padangpariaman, kita bongkar kembali arsip puluhan tahun yang lalu dari berbagai daerah bahkan hingga ke luar negeri,” ujar Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Andalas itu.

Ia juga meminta peserta workshop agar serius mengikuti materi sehingga bisa mengaplikasikan ilmunya pada SKPD masing-masing.

“Tularkan juga ilmu yang didapat kepada rekan-rekan di kantor,” kata Sekda didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip, Bahari, menyatakan bahwa peserta workshop kearsipan berjumlah 70 orang dari masing-masing satu orang SKPD, kecamatan, nagari di lingkungan Pekab Padangpariaman.

"Workshop dilaksanakan selama dua hari di Anai Resort, Kayu Tanam," sebutnya.

Adapun narasumber yaitu Bupati Padangpariaman, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip  Sumbar beserta tim. Workshop bertujuan untuk merumuskan tata cara pengusulan persetujuan tentang Jadwal Retensi Arsip (JRA) baik secara konvensional atau online.

“Insya Allah, adanya workshop akan menambah pengetahuan dan wawasan dalam kearsipan untuk bekerja lebih baik lagi,” kata Mantan Kadis Pendidikan.
×
Berita Terbaru Update