Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

10 Perlintasan Kereta Api Tanpa Pintu di Pariaman Rawan Kecelakaan

21 Juli 2016 | 21.7.16 WIB Last Updated 2016-07-21T13:12:06Z


Pemko Pariaman butuhkan tambahan personil pengamanan di perlintasan kereta api atau perlintasan sebidang tanpa plang ampang di sejumlah titik. Di Kota Pariaman hanya di Simpang Apar saja yang sudah memiliki plang ampang untuk lintasan kereta api jurusan Pariaman - Naras.

Menurut Kadishubkominfo Kota Pariaman Yota Balad, di Pariaman, Kamis (21/7), terdapat 10 titik perlintasan kereta api dengan jalan umum tanpa pintu yang semuanya ramai. Enam (6) titik dari perlintasan itu dirinya mengaku telah menempatkan personil siaga dari Dinas Perhubungan.

"Meskipun demikian enam personel tersebut ditempatkan di lokasi yang betul-betul dianggap rawan kecelakaan kereta api dengan kendaraan," ungkap Yota Balad.

Yota menambahkan saat ini jalan kereta api Pariaman - Naras dalam waktu dekat akan mulai beroperasional. Hal itu akan menambah jumlah titik perlintasan tanpa plang ampang di pemukiman padat penduduk.

"Di Desa Pauh Barat dinilai paling rawan kecelakaan karena berada tidak jauh dari pusat keramaian yaitu Masjid dan Puskesmas," sebutnya.

Pada lokasi yang rawan di sejumlah titik yang telah dipetakan tersebut diperlukan pengawasan setiap kereta api melintas untuk menghindari kecelakaan.

Terkait usulan pembuatan plang otomatis, Pemko Pariaman telah lama melakukan koordinasi dengan pihak PT. KAI. Dari pertemuan tersebut, kata dia, pihak perkereta apian menyatakan jika perlintasan terletak di jalan nasional maka tanggung jawabnya.
 

Namun apabila perlintasan tanpa pintu tersebut berada di jalan daerah, maka plang otomatis menjadi tanggung jawab pemerintah setempat.

Eti (46) warga Kampung Baru Pariaman Tengah mengaku dalam sehari paling sedikit empat kali melewati perlintasan kereta api.

"Pulang antar jemput sekolah anak. Selalu hati-hati lihat kiri-kanan sebelum melintas. Sekarang kereta api empat kali lewat, di jam sibuk dua kali," kata dia.

Saat ini pemerintah melalui dinas terkait sudah mengoptimalkan rambu-rambu pemberitahuan seperti jadwal keberangkatan kereta api dan imbauan untuk berhati-hati di sejumlah titik perlintasan tersebut.

 TIM



Sumber Antarasumbar
×
Berita Terbaru Update