Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius Masuk 5 Besar Calon Penerima Satya Lencana Wirakarya dan Bhakti Koperasi RI

24 Mei 2016 | 24.5.16 WIB Last Updated 2016-05-24T11:42:26Z



Wakil Walikota Pariaman Genius Umar diusulkan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Barat sebagai salah satu penerima penghargaan Satya Lencana Wirakarya dan Bhakti Koperasi.

Genius akan bersaing dengan empat orang tokoh lainnya yakini, Riza Falepi, Walikota Payakumbuh, Ali Yusuf, Walikota Sawahlunto, Kasman Kasmin, Ketua Dekopimda Kabupaten 50 Kota dan tokoh koperasi Rusdi Bais.

Dalam presentasenya di Balaikota Pariaman, Selasa (24/5), Genius mengatakan, peningkatan ekonomi kerakyatan merupakan soko guru bagi masyarakat itu sendiri dengan menghidupkan koperasi.

"Baik simpan pinjam , koperasi nelayan, koperasi petani maupun lainnya, secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Dirinya menyebut, capaian rapat akhir tahun (RAT) koperasi di Pariaman saat ini sudah mencapai 73 persen. Dinas terkait telah kucurkan dana Rp500 juta untuk 17 koperasi yang mengajukan bantuan.

Disamping itu, masih kata dia, saat ini pihaknya telah menjalin kerjasama dengan PT. Telkom dan BNI membuat kampung digital dan kampung UMKM.

"Kita juga buat gerai toko online. Saat ini kita telah memiliki 169 gerai toko online," terang dia.

Masih menurutnya, pihaknya juga telah teken MoU dengan Kementerian Keuangan RI untuk SIKP.

"SIKP, yaitu sistem terintegrasi dengan perbankan dalam hal peminjaman modal usaha, yang mana Kota Pariaman melalui Dinas Koperindag telah mendata 3.959 UMKM yang termasuk dalam SIKP ini," tuturnya.

Di lain pihak, Kepala Dinas Koperindag Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit mengatakan kepada tim penilai lapangan, bahwa sejak Genius Umar dilantik menjadi Wakil Walikota, dinasnya sudah diberi tugas untuk mendata seluruh koperasi yang ada di Kota Pariaman.

"Tahun 2014 kami mulai dengan pengidentifikasian koperasi yang ada dan di tahun 2015 kami sudah mengaktifkan kembali 7 koperasi yang hampir bubar," ungkapnya.



Dia menambahkan, di tahun 2014, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman berhasil terima Satya Lencana Wirakarya dan Bhakti Koperasi. 

"Untuk tahun 2016 sekarang yang diusulkan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar. Gelar ini hanya didapat untuk satu kali dalam seumur hidup," pungkasnya.
 

Tim penilai dari Kementerian Koperasi dan UMKM RI adalah Puput Perdana dan Muhammad Fikar, Sekretariat Negara RI melalui Kasubag Penganugerahan Gelar Tanda Kehormatan Sekretariat Militer RI, Cipto Hadi dan Agustristiyanti.

TIM
×
Berita Terbaru Update