Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Meski Protein dan Vitamin Ikan Tinggi, Tingkat Konsumsi Masyarakat Pariaman Terbilang Rendah

24 Mei 2015 | 24.5.15 WIB Last Updated 2015-05-24T11:59:41Z



Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman sekaligus Ketua Forikan (Forum Peningkatan konsumsi ikan ) Kota Pariaman Reni Mukhlis membuka secara resmi lomba masak serba ikan antar TP PKK Desa dan Kelurahan serta para pelaku usaha perikanan se-Kota Pariaman di Aula UPT Penangkaran Penyu, Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Rabu (20/5/2015).
 

Acara ini diikuti oleh 13 PKK Desa dan 13 Kelompok pelaku usaha perikanan, dengan menyiapkan makanan serba ikan yang telah diolah dari rumah. Adapun untuk penilaian lomba masak serba ikan ini dengan memperhatikan kandungan gizinya, penampilan, rasa dan kreatifitas.

Reni mengatakan bahwa diadakannya acara lomba masak serba ikan ini disebabkan masih rendahnya minat masyarakat untuk mengkomsumsi ikan berdasarkan data dari BPS. Untuk itu, ungkapnya, pemerintah pusat membuat program Gemarikan (Gerakan memasyarakatkan Makan Ikan). Ini terbukti di tahun 2009 Kota Pariaman hanya mengkomsumsi 30 Kg/kap/thn, dan untuk tahun 2015 telah mencapai angka 33 Kg/kap/thn, ini masih belum mencapai target provinsi Sumbar yang telah mencapai angka 35 Kg/kap/thn, dan untuk tingkat nasional menargetkan angka 37 Kg/kap/thn.

“Ikan mempunyai kandungan gizi yang tinggi dan kandungan protein yang sangat penting untuk tubuh, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Mulai dari omega 3 yang sangat penting untuk perkembangan otak, asam amino essensial, lemak nabati, dan vitamin yang tinggi, kalsium dan masih banyak yang lainya. Untuk itu melalui lomba masak serba ikan ini akan meningkatkan minat masyarakat untuk mengkomsumsi ikan, sehingga kosumsi ikan untuk Kota Pariaman dapat mencapai target baik Provinsi maupun Nasional,“ kata Reni.

Pemenang lomba masak serba ikan tingkat Kota Pariaman nantinya akan mengikuti lomba masak serba ikan yang akan diadakan oleh provinsi Sumatera Barat pada tanggal 26 mei 2015 mendatang.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua GOW Kota Pariaman Ny. Lucy Genius, Ketua Dharma Wanita Kota Pariaman Ny. Afni Armen, Ketua DKP Kota Pariaman Yandrileza, Kabid Perikanan tangkap DKP Kota Pariaman Azman, para anggota PKK Kota Pariaman dan tim penilai serta panitia dari DKP Kota Pariaman.


J/OLP
×
Berita Terbaru Update