Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Desa Batang Kabung Wakili Kota Pariaman Lomba Desa/Kelurahan Prestasi Tingkat Sumbar

20 Mei 2015 | 20.5.15 WIB Last Updated 2015-05-20T12:45:53Z


Desa Batang Kabung Kecamatan Pariaman Timur mewakili Kota Pariaman mengikuti perlombaan desa/kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat. Hal itu berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi tim penilai khusus.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengemukakan hal itu ketika menerima tim penilai tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kantor Desa Batang Kabung, Selasa (19/5).

"Hal ini menandakan bahwa Desa Batang Kabung adalah yang terbaik dibandingkan 54 desa ditambah 16 kelurahan lainnya yang ada di Kota Pariaman,” ujarnya.

Keunggulan tersebut, lanjutnya, dapat dilihat dalam berbagai aspek, terutama menyangkut partisipasi dan semangat gotong-royong masyarakat, pelaksanaan pembangunan dengan pola partisipatif, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM MPk) serta program PKK dengan kegiatan-kegiatan yang terdapat pada Pokja I sampai IV berjalan lancar.

Menurutnya, Kepala Desa berserta perangkatnya sebagai penyelenggara pemerintahan terdepan mampu menggali dan mengembangkan sumber daya yang ada.

"Kemampuan itu tercipta melalui kerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Karang Taruna, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta dengan warga sendiri," tambah Mukhlis.

Masih menurutnya, kerjasama selama ini telah berlangsung secara berkesinambungan, baik dalam perencanaan pembangunan, pelaksanaan maupun dalam pengawasannya.

"Kepala Desa proaktif dalam menyikapi isu-isu yang berkembang dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Hal itu didukung oleh SKPD/instansi terkait dengan mengimplementasikannya dalam bentuk program kegiatan di unit kerja masing-masing," terus dia.

Sementara itu Kepala Desa Batang Kabung, Kamili, menuturkan bahwa desanya dihuni sebanyak 1.427 jiwa dengan luas 90 hektar. Sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani, buruh tani, wiraswasta, Pns dan industri rumah tangga.

"Industri rumah tangga yang berkembang di desa ini diantaranya adalah usaha bordiran, mukena, dan ladu pinang," ucapnya.

Disaat yang sama, ketua rombongan dari Provinsi Sumatra Barat, E Rahman, mengatakan bahwa pelaksanaan perlombaan desa dan kelurahan ini merupakan agenda kementrian dalam negeri yang setiap tahunnya dilaksanakan.

Kata dia, perlombaan desa/kelurahan berprestasi mempunyai tujuan untuk melihat semua kegiatan yang sudah dilaksanakan dua tahun terakhir yaitu tahun 2013-2014, sekaligus melihat sejauh mana dukungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi, motivasi dan swadaya gotong royong di masyarakat.

E Rahman juga memperkenalkan  rombongan tim yang akan menilai Desa Batang Kabung, yakni, Ary Chandra, Konsultan Pemberdayaan Masyarakat, Mukhlis, BPM Provinsi, Darmansyah Siroen, Ketua DPD LPM, Emi Musyair TP-PKK Provinsi, Ratmil, Dinas Pendidikan Provinsi, Thamrin, Kesbangpol Provinsi, Susi Mekarsari, Dinas Kesehatan Provinsi, dan Effi Zulfia Naros dari BPM Provinsi.


Rza/OLP
×
Berita Terbaru Update