Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rasa Coklat Padangpariaman Salah Satu Yang Terbaik di Indonesia

4 Januari 2015 | 4.1.15 WIB Last Updated 2015-01-04T07:00:01Z
Bupati Ali Mukhni didampingi Kadis Pertanian Peternakan dan Kehutanan Yurisman serahkan piagam penghargaan tingkat nasional kepada pengurus Keltan Padang Manih Sakato di Dinas Pertanian Peternakan dan Kehutanan, Selasa (30/12)



Olahan coklat murni oleh petani-petani Kabupaten Padangpariaman mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Baru-baru ini, Kelompok Tani (Keltan) Padang Manih Sakato meraih penghargaan tingkat nasional kelompok tani berprestasi yang diserahkan pada tanggal 9 Desember 2014 di Kementerian Pertanian RI di Jakarta. Diraihnya penghargaan tersebut sebagai wujud nyata keseriusan pemerintah dalam peningkatan produksi tanaman kakao untuk kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Ali Mukhni ketika menerima pengurus Keltan Padang Manih Sakato di Kantor Dinas Pertanian Peternakan dan Kehutanan, Padangpariaman, Selasa (30/12). Acara tersebut sekaligus penyerahan bantuan handtraktor dari Kementerian Pertanian yang juga dihadiri oleh Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno.

"Alhamdulillah, keltan Padang Manih Sakato meraih penghargaan tingkat nasional sebagai kelompok tani berprestasi. Penghargaan ini sebagai bukti adanya sinergitas antara pemerintah dan masyarakat petani dalam peningkatan mutu dan produksi kakao di Padangpariaman," kata Bupati yang juga meraih penghargaan Ketahanan Pangan beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan itu, Bupati Ali Mukhni juga mengajak masyarakat Sumatera Barat membeli produk coklat olahan murni masyarakat Padangpariaman yang memiliki rasa khas dan telah banyak dipuji oleh tamu-tamu dari dalam maupun luar negeri. Bahkan, kata Bupati, dalam sajian tamu di kantornya pun, dia selalu menghidangkan secangkir coklat panas yang nikmat hingga tetes terakhir.

"Rasa coklat ADAM olahan murni masyarakat Padangpariaman sangat nikmat dan tanpa bahan pengawet. Alhamdulillah, disetiap tamu yang datang kita suguhi segelas coklat panas dan mereka sangat memuji rasa dan kualitasnya yang tidak kalah dari produk luar negeri," kata Bupati didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Sementara itu, Kadis Pertanian Peternakan dan Kehutanan Yurisman mengatakan bahwa penghargaan tersebut diraih atas pembinaan dan keseriusan petani dalam pengolahan kakao. Pengolahan kakao telah didukung dengan adanya pabrik mini kakao yang berada di Sikucur, Kampung Dalam.

Menurutnya, keberadaan Pabrik Mini Kakao KSU Padang Manih Sakato telah mengolah biji kakao fermentasi menjadi produk antara ( pasta, lemak dan bubuk kakao ) dan produk jadi berupa permen coklat dan minuman coklat. Pabrik tersebut telah beroperasi sejak tahun 2011 dan dioperasikan oleh operator yang telah dilatih oleh instruktur dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Jember. Adapun produk yang telah dinikmati masyarakat, ujarnya, adalah coklat ADAM, baik berupa permen, susu, dan coklat bubuk.

Dengan dibangunnya industri Pengolahan kakao di Kabupaten Padangpariaman ini, lanjutnya, diharapkan menunjang perekonomian Kabupaten Padangpariaman, lebih khususnya untuk meningkatkan pendapatan kelompok tani yang tergabung dalam pabrik mini tersebut. Disamping dapat menyediakan lapangan kerja bagi penduduk, tambahnya, juga dapat menarik investor luar untuk berinvestasi di Kabupaten Padangpariaman.

"Kami harap dengan prestasi ini mutu dan kualitas kakao dapat dilebih ditingkatkan. Untuk sarana dan prasarana kita minta bantuan dari pusat dan provinsi sesuai arahan dari Pak Bupati," kata Putra Lubuk alung itu.

Adapun prestasi Keltan Padang manih sakato antara lain ialah:

- Juara I kelompok tani berprestasi dalam budidaya dan pengolahan kakao tingkat Padangpariaman Tahun 2014

- Juara I kelompok tani berprestasi dalam budidaya dan pengolahan kakao tingkat Sumatera Barat Tahun 2014

- Dan penghargaan tingkat nasional kelompok tani berprestasi Tahun 2014.


HA/OLP
×
Berita Terbaru Update