Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Populasinya Meninggi, Bupati Ali Mukhni Ajak Porbi dan Komunitas Berburu Basmi Hama Babi

4 Januari 2015 | 4.1.15 WIB Last Updated 2015-01-04T07:17:48Z
Bupati Ali Mukhni menyisiri sawah ketika berburu babi dengan membawa hewan peliharaan yang diberi nama "kijang" di Korong Surantiah, Bukik Kabau, Lubuk Alung, Sabtu (3/12)



Disadari atau tidak, hama babi merupakan musuh utama bagi para petani di Kabupaten Padangpariaman. Cepatnya penambahan populasi, maka Bupati Ali Mukhni berinisiatif mengajak masyarakat menggalakan kegiatan buru babi yang dikoordinir oleh Persatuan Olahraga Buru Babi (Porbi) Kab. Padangpariaman. Bupati mengaku sering berburu babi setiap minggunya, sekaligus berbaur dengan masyarakat untuk menyerap aspirasi.

Hal tersebut dikatakan Bupati ketika kegiatan buru babi bersama masyarakat di Korong Surantiah, Buayan, Lubuk Aluang, Sabtu (3/1). Turut serta pada kegiatan tersebut Kadis Pendidikan Mulyadi dan Kabag Humas Hendra Aswara.

"Hama babi adalah musuh utama petani. Untuk itu bersama Porbi dan penggemar buru babi kita galakkan kegiatan berburu babi di Padangpariaman. Selain itu, kita juga bisa dengar aspirasi dan berbaur dengan masyarakat untuk menjalin jembatan hati," kata Bupati yang juga pembina Porbi ini.

Disetiap arena buru babi, Bupati Ali Mukhni selalu membawa anjing berburu yang ia beri nama "kijang". Konon ceritanya "kijang" ini telah terkenal dengan kepiawaiannnya dalam berburu. Bahkan "kijang" ini selalu yang terdepan dalam mengejar dan membunuh babi di hutan. Ali Mukhni juga mengatakan adat berburu sangatlah tinggi, karena apabila kita sengaja meludahi anjing berburu maka akan dikenai denda.

"Adat berburu babi ini sangat tinggi. Contohnya kita tidak boleh meludahi anjing berburu, kalo itu terjadi kita bisa dikenai denda," kata Bupati yang juga tokoh olahraga itu.


HA/OLP

×
Berita Terbaru Update