Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Disaksikan Dandim, Mukhlis Lantik Sulaiman Tanjung Sebagai Ketua JKPM-4 Kota Pariaman

15 Januari 2015 | 15.1.15 WIB Last Updated 2015-01-15T13:34:43Z



Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengukuhan pengurus Jariangan Komunitas Masyarakat Peduli Perikanan Pertanian dan Pertenakan (JKPM-4) Kota Pariaman periode 2015 - 2020 bertempat di aula Makodim 0308 Pariaman, Kamis (15/1).


Acara turut dihadiri oleh Dandim 0308 Pariaman Letkol Inf. Persada Alam, ketua JKPM provinsi Sumatra barat, Wakil Ketua DPRD Syafinal Akbar, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kota Pariaman, Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman, dan seluruh pengurus JKPM-4 Kota Pariaman.


Pada kesempatan itu Mukhlis mengatakan bahwa pertanian memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia. Tetapi, ujarnya, untuk saat ini sudah banyak lahan-lahan  pertanian yang tergusur oleh pembangunan perumahan yang akan berdampak buruk pada sektor pertanian.

“Pertumbuhan penduduk Indonesia sangat cepat sedangkan ketersediaan pangan terbilang kurang untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Untuk menutupi kebutuhan pangan tersebut, negara kita masih membeli beras dari negara lain,” sebutnya.

Mukhlis menuturkan, untuk saat ini banyak teknologi pertanian organik yang bisa dipelajari untuk meningkatkan hasil pertanian. Apabila teknologi tersebut di pergunakan maksimal oleh seluruh petani, lanjutnya, maka Indonesia tidak akan lagi membeli beras dari negara lain.

Sementara itu Dandim 0308 Pariaman Letkol Inf Persada Alam menyebutkan bahwa dia bersama anggotanya telah membuka demplot pertanian organik di Desa Cubadak Mentawai, Kota Pariaman.


"Demplot yang kita buat sebagai lahan percontohan ini diharapkan kepada anggota TNI lainnya agar dapat menerapkannya di daerah-daerah domisili, agar para anggota TNI dapat memberikan pembinaan terhadap petani. Jika kita memiliki semangat yang tinggi menjalankan pertanian organik maka saya optimis selama 3 tahun swasembada di Indonesia bisa tercapai," katanya.


Kata dia, target swasembada pangan Indonesia harus didukung untuk keberlangsungan hidup generasi yang akan datang.

"Apalagi diperkirakan tahun 2045 mendatang saat usia 100 tahun negeri ini, energi minyak bumi habis dan hanya bisa diganti dengan energi bio yang berasal dari tanaman," katanya lagi.


Untuk itu, tambahnya, perlu mensiasati dan mengupayakan perubahan dan menjamin ketersediaan sumber energi, air, dan pangan dengan bio energi berbasis lingkungan yang sehat dan ramah. 


Adapun pengurus JKMP4 Kota Pariaman yang dilantik tersebut adalah, Ketua Sulaiman Tanjung, Wakil Ketua Syafri, Sekretaris Harif Firman Hakim, dan Iskandar sebagai Bendahara. Beserta sejumlah Ketua Bidang dan para anggota.

Setelah acara tersebut Walikota Pariaman beserta rombongan meninjau langsung ke lapangan demplot di Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padangpariaman.


RZA/OLP
×
Berita Terbaru Update