Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Ketaqwaan Siswa, SMKN 4 Pariaman Bangun Musalla dan Portal Mini

15 Desember 2014 | 15.12.14 WIB Last Updated 2014-12-15T12:09:16Z



Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Kota Pariaman selain meningkatkan mutu lulusannya, juga meningkatkan ketakwaan dan keimanan siswa dengan membangun musalla di komplek sekolah yang diberi nama Uswatun Hasanah. Musalla dibangun di pintu gerbang masuk sekolah yang berada di pinggir jalan umum.

Kepala SMKN 4 Kota Pariaman Taharuddin menyebutkan saat berlangsungnya acara Batagak Kudo-Kudo Musalla Uswatun Hasanah, Senin (15/12/2014) di komplek SMKN 4 Pariaman. Batagak Kudo-Kudo musalla ini juga dihadiri Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, SKPD, camat dan sejumlah PNS di lingkungan Dispora, Kepala Desa Taluk Khairul, orangtua/wali murid dan tokoh masyarakat di sekitar SMK 4 Pariaman.

Taharuddin didampingi Wakilnya Bidang Sarana Sumarlan menambahkan, ukuran musallah yang dibangun 9 X 9 meter. Jika ditambah dengan teras, total bangunan seluas 13 X 14 meter. “Diperkirakan anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 200 juta hingga selesai. Sampai sekarang kondisi bangunan sudah mencapai hampir 50 persen, yang menghabiskan dana sebesar Rp 90 juta,” kata Sumarlan.

Dikatakan, musalla ini mulai dibangun dengan peletakan batu pertama setahun lalu. “Diharapkan dengan adanya musalla ini dapat ditingkatkan bimbingan spiritual anak-anak. Berbagai peringatan hari besar Islam sudah bisa dilaksanakan di musalla tersebut. Karena lokasi musalla berada di pintu gerbang dan di pinggir jalan, nantinya tidak hanya dimanfaatkan oleh pihak sekolah, namun juga masyarakat sekitarnya. Dimana musalla ini juga menjadi lokasi ibadah masyarakat sekitarnya,” kata Sumarlan.

Taharudin menambahkan, SMKN 4 Pariaman terdiri dari lima jurusan. Yakni Teknik Elektronika Industri, Teknik Perbaikan Bodi Otomotif, Teknik Survey dan Pemetaan, Disain Komunikasi Visual dan Disain Kria Tekstil.

“Saat ini siswa SMKN 4 Pariaman sudah berhasil membuat portal mini (palang pintu) yang dikendalikan dengan elektrik. Portal ini merupakan hasil kreatifitas siswa  yang akan terus dikembangkan. Portal mini langsung dipasang di halaman sekolah yang disaksikan tamu-tamu yang datang menghadiri Batagak Kudo-Kudo Musalla,” kata Taharuddin.

Dikatakan Taharuddin, untuk meningkatkan kualitas lulusan SMKN 4 Pariaman ini, berbagai upaya dan kerjasama dengan berbagai pihak dilakukan. Baik lembaga pendidikan yang lebih tinggi maupun pihak industri yang relevan dengan jurusan yang dikembangkan.

SMKN 4 Pariaman kini memiliki 15 lokal, 4 labor, 58 guru dan 406 murid. Sedangkan sarana yang masih dirasakan kurang antara lain ruang workshop, labor bahasa, labor komputer, ruangan majelis guru. Yang lebih penting lagi adalah pagar sekolah untuk meningkatkan disiplin siswa, katanya.

AT
×
Berita Terbaru Update