Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tindaklanjuti Realisasi Kampus UNP di Lubuk Alung, Ali Mukhni Ajak Tokoh Adat Temui Rektor

29 Oktober 2014 | 29.10.14 WIB Last Updated 2014-10-29T12:39:33Z
Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Dt. Pado Basa,  Wali Nagari Sikabu Bahtiar dan Lubuk Alung Harry Subrata didampingi Bupati Ali Mukhni menemui Rektor Universitas Negeri Padang Phil Yanuar Kiram mengenai tindak lanjut pembangunan Kampus UNP di Aula Serba Guna, Padang (27/10)



Bupati Ali Mukhni mengajak Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN), Wali Nagari Sikabu dan Lubuk Alung menemui Rektor Universitas Negeri Padang Phil Yanuar Kiram mengenai pembangunan kampus utama UNP yang direncanakan berlokasi di Lubuk Alung. Pertemuan itu dilaksanakan usai penandatangan kerja sama penyelenggaraan Akademi Komunitas di Ruang Serba Guna, Padang (27/10).

"Kami bersama dua Wali Nagari Sikabu dan Lubuk Alung bersama Pak Bupati menemui Pak Rektor. Maksud kedatangan kami untuk tindak lanjut pembangunan Kampus Utama UNP. Tadi kami meyakinkan Pak Rektor bahwa masalah tanah tidak ada kendala. Masyarakat sangat mengharapkan keberadaan Kampus UNP di Lubuk Alung," kata Dt Padobasa.

Dt Padobasa juga menyampaikan bahwa rencana pembangunan Kampus UNP berdekatan dengan Main Stadion. Ia beralasan supaya mahasiswa nantinya dapat memanfatkan Main Stadion untuk pendidikan dan pelatihan. Main stadion seluas 38,5 hektar ini telah dibayar ganti ruginya oleh Pemprov Sumbar sebagian dan segera dilunasi pada tahun 2015.

"Tadi saya sampaikan bahwa Kampus UNP letaknya akan berdekatan dengan Main Stadion. Main Stadion ini luasnya 38,5 hektar dan telah dibayar Pemprov sebagian. Sisanya akan dilunasi tahun depan. Jadi, Insya Allah, Peletakan batu pertama tahun depan," ungkapnya.

Bupati Ali Mukhni mengatakan bahwa pertemuan antara perangkat Nagari dan KAN berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan. Dalam pertemuan itu, menegaskan bahwa kesiapan Lubuk alung sebagai lokasi pembangunan Kampus UNP.

"Sengaja saya ajak Camat, Wali Nagari dan Ketua KAN Lubuk alung untuk meyakinkan Pak Rektor bahwa lahan untuk pembangunan Kampus UNP telah disiapkan sebanyak 50-100 hektar. Lokasinya sangat strategis, dekat Main Stadion dan jaraknya hanya 20 menit dari bandara," kata Bupati yang juga Alumni UNP itu.

Sementara itu, Wali Nagari Lubuk Alung Harry Subrata mengatakan keberadaan Main Stadion dan kampus UNP akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Dan yang paling penting akan memacu kawasan wisata yaitu Lubuk Nyarai, Tapian Puti dan Lubuk Cimantung.

"Saya juga menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Pak Rektor agar tidak ragu-ragu lagi untuk membangun kampus UNP di Lubuk Alung. Insya Allah, berada dipinggir jalan lingkar Duku-Sicincin, berdampingan dengan Main Stadion dan juga lokasi wisata Lubuk Nyarai. Bisa dikatakan akan menjadi kawasan terpadu olahraga dan wisata," ujar Wali Nagari yang murah senyum ini.

Rektor UNP Phil Yanuar Kiram menyambut baik kedatangan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman dengan Jajaran Nagari beserta Ninik Mamak dalam rangka tindak lanjut lubuk Alung.

"Kita apresiasi keseriusan Pemkab Padangpariaman membicarakan pembangunan Kampus Utama UNP. Tadi kita sudah bertemu Bupati, Wali Nagari, Ketua KAN yang menyatakan kesiapan Lubuk Alung memfasilitasi dalam pengadaan tanah. Kita akan lakukan kajian yang mendalam. Saya kira Lubuk alung merupakan lokasi yang sangat strategis,"  kata Phil Yanuar Kiram.


HA
×
Berita Terbaru Update