Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Inilah Bukti KKP RI Perhatikan Pulau-Pulau Kecil di Wilayah Kota Pariaman

31 Oktober 2014 | 31.10.14 WIB Last Updated 2014-10-31T02:27:55Z



Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI)  dalam hal ini  Direktorat Pemberdayaan Pulau-pulau Terluar memberikan perhatian dan dukungan kepada pemerintah Kota Pariaman dalam menjaga serta memenfaatkan potensi pulau-pulau kecil yang berada di kawasan Kota Pariaman.

Ini ditandai dengan diberikannya fasilitas rehabilitasi dan peningkatan kualitas lingkungan pulau-pulau kecil berbasis masyarakat kepada Pemko  Pariaman yang acaranya berlangsung di Pulau Angso Duo Pariman, Kamis 30/10/14.

Direktur Pemberdayaan Pulau-Pulau Terluar Kementerian Kelautan dan Perikanan, Burhanudin, dalam sambutannya mengatakan, pulau-pulau terluar memerlukan fokus khusus dalam pengelolaan ekosistem perairannya.

“Disini banyak potensi maritim yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, pulau-pulau tersebut menyediakan sumberdaya alam yang potensial untuk dikembangkan,” tutur dia.

Disebutkan dia, selama ini dalam pemanfaatan potensi pulau-pulau kecil di seluruh Indonesia masih memiliki kendala. Pemanfaatan yang ada masih mengakibatkan tingginya angka kerusakan ekosistem serta rendahnya taraf pendidikan para penghuni pulau membuat mereka masih tergantung pada perekonomian di luar pulau.

Untuk itu dalam program ini, ujar dia, harus  dikelola dan memanfaatkan pulau-pulau terluar tersebut menjadi sumberdaya alam yang produktif dengan memberikan fasilitas yang mumpuni seperti sarana penerangan untuk mempermudah kehidupan penjaga pulau, infrastruktur yang memadai, serta akses transportasi yang lancar  yang muaranya akan memberikan peningkatan perekonomian masyarakat . 

Sementara itu, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan, pengelolaan pulau kecil di Kota Pariaman mendapatkan perhatian khusus oleh Pemko. Kata Mukhlis, direncanakan pemanfataan seluruh dana Alokasi Khusus Bidang Kelautan dan Perikanan untuk pengembangan sarana dan prasarana di pulau di kawasan Kota Pariaman.

Dia menuturkan, bidang konservasi, Pemko Pariaman dalam mengelola dan melindungi sumber daya perairan telah mencadangkan kawasan konservasi perairan seluas 11.526,89 H dengan berbagi potensi yang terkandung di dalamnya.

“Kawasan tersebut juga telah dilengkapi dengan dokumen zonasi dan rencana pengelolaan kawasan konservasi yang menjadi pedoman Pemko,” jelas Mukhlis.

Pada acara ini, Direktur Pemberdayaan Pulau-Pulau Terluar Kementerian Kelautan juga menyerahkan bantuan Keramba Jaring Apung, Kapal Katamaran, Bibit Vegetasi, Adopsi Penyu dan Rehabilitasi Kawasan Konservasi, sarana kebersihan, serta buku panduan konservasi pulau-pulau kecil kepada Pemko Pariaman yang di terima langsung oleh Walikota Pariaman. 

Angga/OLP
×
Berita Terbaru Update