Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mukhlis: Cik Uniang Cik Ajo Terpilih, Harus Paham Budaya dan Kuasai Bahasa Asing

1 September 2014 | 1.9.14 WIB Last Updated 2014-09-01T04:34:42Z



Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan tantangan untuk melestarikan seni dan budaya tradisional lokal Pariaman semakin berat akibat derasnya arus budaya luar di era globalisasi yang tidak dapat dielakkan seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Hal itu dikatakannya saat malam grand final pemilihan duta wisata dan budaya Cik Uniang dan Cik Ajo Kota Pariaman 2014 di Pentas utama Pantai Gandoriah (30/8) Pariaman.

Mukhlis menyebut, dengan munculnya kreasi seni dan budaya melalui ajang pemilihan Cik Uniang dan Cik Ajo, hendaknya masyarakat tergerak untuk dekat, lalu mengenal dan akhirnya kembali mencintai seni dan budaya tradisional Pariaman.

Menurut Mukhlis, gelaran pemilihan duta wisata Pariaman Cik Uniang dan Cik Ajo Pariaman diadakan secara berkesinambungan tiap tahunnya, hendaknya, kata dia, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang terlibat dalam kepariwisataan dan kebudayaan.

"Kita selalu berharap agar citra Pariaman dimata wisatawan selalu positif supaya mereka merindukan dan kembali lagi ke Pariaman dan menjadi public relasi dengan menyampaikan dan mempromosikan wisata Pariaman dari mulut ke mulut," ucap Mukhlis.

Acara yang dihadiri oleh Wakil Walikota Genius Umar, Sekdako Armen, segenap unsur Muspida,  diharapkan dengan terpilihnya duta budaya dan wisata Cik Uniang dan Cik Ajo Pariaman 2014 agar meng-up grade kemampuan dalam dua hal terpenting, yakni kemampuan komunikasi dan menguasai beberapa bahasa asing dan memahami budaya dan kesenian lokal, tukuk Mukhlis.

"Manfaatkanlah kesempatan ini sebaik-baiknya sehingga ketika menjadi duta wisata dan budaya, saudara-saudara akan tampil lebih percaya diri, penuh keyakinan serta menebarkan keramahan pada semua orang," pungkas Mukhlis.

OLP
×
Berita Terbaru Update