Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menyadari Potensi Wisata di Pulau Kasiak, Ini Kata Genius Tentang Langkah Pemko Kedepan

24 Agustus 2014 | 24.8.14 WIB Last Updated 2014-08-24T03:58:34Z



Setelah melihat langsung keindahan dan progress potensial wisata bahari Pulau Kasiak Pariaman, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar yang hampir setahun menjabat bersama Walikota Mukhlis Rahman, mengatakan, Pemko Pariaman berencana membangun infrastruktur penunjang wisata seperti membuat Mauring Bouye (tempat lego jangkar) berlabuhnya perahu dan kapal, dermaga yang kokoh serta menggiatkan promosi dengan menggelar berbagai iven di pulau tersebut. 



Hal itu dia katakan seusai meninjau pulau memiliki menara mercusuar setinggi 40 meter tersebut bersama Kapolda Sumbar Brigjenpol. Bambang Sri Herwanto, Kadivre II PT KAI Sumbar Zulkarnaen beserta rombongan. Dikesempatan itu Genius dan Kapolda sempat mengenyam olahraga menyelam snorkeling dan diving di spot terumbu karang yang menurutnya berpanorama sangat memukau.

"Panorama terumbu karang di halaman pulau kasiak sangat memukau, warna-warni, ikan ikan yang bermain disela karang bermacam ragam warna dan jenisnya begitu indah bisa dinikmati wisatawan di pulau berhawa sejuk ini. Pak Kapolda bahkan sangat mendukung langkah Pemko Pariaman agar pulau ini digarap secara serius," sebut Genius sehabis menyelam bersama Kapolda kepada wartawan.

Genius menambahkan, kerusakan terumbu karang akibat lego jangkar kapal di halaman pulau harus segera dicarikan solusinya dengan membangun area Mouring Bouye, kemudian melakukan penanaman kembali terumbu karang di halaman pulau yang 30 persen sudah rusak akibat berbagai aktivitas, baik akibat lego jangkar sebagaimana disebutkan maupun perburuan swallow laut oleh nelayan-nelayan tidak bertanggungjawab.

"Anak kecil saja senang bermain di pulau ini karena tepian pulaunya sangat dangkal berair jernih," imbuh  Doctor satu-satunya di lingkungan pejabat Pemko Pariaman.
 

Sementara itu Kepala BAPPEDA Kota Pariaman Drs. Yaminurizal, M.Si mengatakan, akses menuju pulau Kasiak akan di tingkatkan dengan membangun dermaga yang kokoh dan tahan lama.

"Langkah ke depannya sebagaimana yang disebutkan oleh bapak Wakil Walikota, segera kita tindak lanjuti dengan dinas-dinas terkait. Pokoknya untuk lima tahun kedepan seluruh SKPD dilibatkan untuk merealisasikan visi misi Walikota Wakil Walikota untuk menjadikan Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata. Langkah pertama untuk pulau Kasiak adalah memperbaiki akses, membangun infrastruktur, serta mengemasnya dengan baik sehingga nantinya menjadi primadona bagi wisatawan, khususnya pencinta olahraga bawah laut," ucap Yaminurizal yakin.

Pada kesempatan itu, Kabag Humas Setdako Pariaman Hendri, S.Sos mendokumentasikan panorama bawah laut Pulau Kasiak menggunakan kamera underwater.

"Dokumentasi sangat penting. Nanti foto-foto bawah laut ini kita cetak dan dipajang di galeri pos rescue pantai Gandoriah atau galeri khusus sebagai sarana promosi wisata," ungkap Hendri yang juga anggota ekspedisi merah putih Pariaman.

OLP
×
Berita Terbaru Update