Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mukhlis: MTQ, Sarana Membentuk Generasi Muda yang Qur’ani

23 Juli 2014 | 23.7.14 WIB Last Updated 2014-07-23T07:23:43Z
                       Mukhlis bersama putri tercintanya


Surau Batu Desa Batang Tajongkek di Kecamatan Pariaman Selatan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Ramadhan tingkat Kota Pariaman. Berdasarkan laporan dari ketua panitia, kegiatan ini hanya diikuti oleh sepuluh orang peserta. Para peserta merupakan para pemuncak di tiap kecamatan, ditambah dua orang dari pihak tuan rumah. Perlombaan ini diprakarsai oleh perantau Piaman terutama presiden kaki lima, H. Hermansyah KR.

"Kecamatan Pariaman Selatan sangat aktif mengadakan kegiatan MTQ yang tetap eksis sejak dahulu. Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman sangat mengapresiasi kegiatan ini," ucapnya.

Dikesempatan itu Mukhlis mengatakan, Walaupun kegiatan nya mendadak tapi pelaksanaannya terbilang cukup sukses. Kegiatan MTQ dapat memotivasi anak-anak untuk belajar Baca Tulis Alquran.

"Dengan memahami kandungan Alquran dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari akan membentuk generasi muda yang Qur’ani," yakin Mukhlis.

Pemko Pariaman telah membuktikan keseriusannya terhadap progress baca tulis Alquran tersebut dengan mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2009. Perda tersebut menegaskan bahwa anak-anak yang lulus wajib pandai baca Alquran yang dibuktikan dengan sertifikat pandai baca tulis Alquran.

Selain itu, dalam Perda disebutkan, pasangan yang akan melangsungkan pernikahan juga diuji membaca Alquran. Dan oleh sebab itulah Pemko Pariaman memberikan insentif bagi para guru mengaji yang ada di Kota Pariaman sebagai bentuk apresiasi lain.

Meskipun begitu, kata Mukhlis, peran Desa juga sangat diperlukan.

"Anggaran Dana Desa (ADD) dapat digunakan untuk pembiayaan pendidikan baca tulis Al Qur'an tergantung musyawarah LPM dan ekonomi masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan agar hari esok lebih baik daripada hari ini," pungkas Mukhlis.

Dewi/OLP
×
Berita Terbaru Update