Genius Warning Pengurus BAZ Agar Salurkan Zakat Sesuai Peruntukannya





 



Jumlah zakat yang saat ini terkumpul di Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Pariaman berjumlah sebanyak 12,7 Miliyar rupiah dimana dari jumlah tersebut telah di distribusikan sebanyak 10,9 Milyar rupiah dan yang tersisa kini sebanyak 1,8 Milyar rupiah. Hal itu disampaikan  oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar ketika melantik 86 orang pengurus BAZ Kota Pariaman Periode 2014-2019, di Aula utama Balaikota Pariaman, Senin (14/07/2014).

Dana yang disebutkan Genius itu merupakan Zakat yang dikumpulkan melalui Zakat Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Kota pariaman. Program bantuan yang diberikan oleh BAZ yakni Program Pariaman Cerdas, dimana BAZ memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang tidak mampu membayar uang Kuliah, program Pariaman Sejahtera untuk membantu usaha masyarakat, program Pariaman Sehat yang uangnya diperuntukkan untuk biaya berobat, serta program Rehab Rumah.

Menurut Genius, bantuan yang diberikan semestinya diperuntukan kepada yang benar-benar membutuhkan bantuan tersebut dengan baik. Seperti hal nya program Pariaman Cerdas yang selama ini telah banyak membantu mahasiswa kurang mampu untuk membayar uang Kuliah, bukan diberikan kepada orang yang tidak mempunyai Etos kerja sehingga Dana bantuan yang diberikan menjadi tidak bermanfaat.

"Mahasiswa ini semestinya dibantu sampai tamat kuliah dan bekerja sehingga nantinya setelah mereka berhasil mereka juga bisa membuka lapangan kerja baru dan juga membantu orang lain dengan ber Zakat di BAZ atau juga diberikan kepada orang-orang yang benar-benar ingin berusaha dan mengembangkan usahanya, sehingga ketika mereka berhasil mereka juga akan mampu membantu orang lain," kata Genius bijak.

Kata Genius, sebagai pengurus BAZ, banyak yang harus diurai terkait dengan pemberdayaan umat. Umat Islam seharusnya dapat memahami arti Zakat yang sesungguhnya selain pengelolaannya juga harus profesional, transparan, dan tepat sasaran, agar dana tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Apabila potensi Zakat yang berasal dari Umat Islam di Kota Pariaman dapat dihimpun dan dikelola secara baik, maka dana tersebut akan menjadi dana Alternatif untuk penyelesaian berbagai masalah, khususnya dalam rangka pengentasan kemiskinan," imbuhnya.


Disaat sama, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Pariaman, Hendri, berharap agar BAZ Kota Pariaman dapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

"Selama ini kami berterimakasih kepada Walikota dan Wakil Walikota Pariaman, karena berkat dukungan yang sangat tinggi dari beliau sehingga BAZ Kota Pariaman dapat berjalan dengan baik sejauh ini. Untuk itu mari kita juga ikut mendukung beliau berdua bersama-sama, semoga beliau sukses menjalankan amanah masyarakat Kota Pariaman," ucapnya.

Ketua BAZ Kota Pariaman baru yang dilantik adalah Humayun Akbar menggantikan Ketua yang lama Khaidir AS. Ikut Hadir dalam acara itu Sekretaris Daerah kota Pariaman Armen, Wakapolres Kota Pariaman Kompol Aksalmadi, para Kepala SKPD, dan para Camat se-Kota Pariaman.

(nesya-OLP)