×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Juara Umum Lomba MTQ Tingkat Kecamatan, Desa Batang Kabung Bidik Trophy Juara Umum Tingkat Kota Pariaman

25 Juni 2014 | 25.6.14 WIB Last Updated 2014-06-25T14:10:35Z
 Kepala Desa Batang Kabung Kamili, SH terima piala juara umum dari Setdako Pariaman Ir. Armen, MM


MTQ ke-3 tingkat Kecamatan Pariaman Timur yang resmi dibuka oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman di halaman mushola Rahmad, Desa Batang Kabuang, Pariaman Timur, Kota Pariaman, Jumat, 20/6 lalu di ikuti oleh 16 Desa se Kecamatan Pariaman Timur dan diikuti sebanyak 342 kafilah.  Acara yang berlangsung dari tanggal 20 hingga 23 Juni 2014 ini, Desa Batang Kabung akhirnya berhasil menyabet juara umum, dengan bertengger di juara I dalam delapan cabang perlombaan. Pemenang utama dalam lomba MTQ tingkat kecamatan tersebut, berhak mewakili Kecamatan Pariaman Timur pada Lomba MTQ tingkat Kota Pariaman.

Armen menabuh bedug usai penyerahan piala juara umum
Menurut ketua panitia MTQ, Kamili, SH yang juga Kepala Desa Batang Kabung, Berkat kerjasama panitia dengan dukungan niniak mamak dan tokoh masyarakat, Desa Batang Kabung berhasil mendapatkan juara umum dengan putra-putri asli Desa Batang Kabung sendiri.



Suasana acara pembukaan lomba MTQ tingkat Kecamatan Pariaman Timur di Desa Batang Kabung


"Kami bersyukur selain acara berjalan dengan sukses, Qori dari Desa kami juga juara umum dengan juara I pada delapan cabang perlombaan. Semua itu datangnya tidak instan, namun dimulai dari proses yang sungguh-sungguh, baik oleh qori sendiri maupun guru-guru mengaji yang mendapat dukungan dari niniak mamak beserta tokoh masyarakat kami," terang Kamili.

Kamili menceritakan, di TPSA mushola Rahmad yang hanya berukuran 8x8 meter tersebut terdapat 350 murid mengaji yang merupakan cikal-bakal qori-qori handal. Murid-murid mengaji di mushola tersebut, menurutnya, juga datang dari berbagai desa tetangga.

"TPSA Mushola Rahmad punya 350 murid dan 17 guru mengaji yang sebagiannya dulu juga murid ditempat ini. Reputasi yang dimiliki TPSA kami dibuktikan dengan memenangkan berbagai lomba MTQ yang telah di ikuti sebelumnya, sehingga Desa-desa tetangga menyerahkan murid mengajinya di didik di tempat kami," imbuh Kamili.

Kedepannya, menurut Kamili, untuk ajang MTQ tingkat Kota Pariaman, para murid akan melakukan berbagai persiapan hingga mendapat pelatihan khusus dari para guru yang juga di datangkan khusus.

"Persiapan yang kita lakukan untuk lomba MTQ tingkat Kota Pariaman sebanding dengan target kita untuk meraih juara umum pada lomba itu nantinya. Yaitu dengan melakukan pembinaan, pelatihan khusus pada para murid untuk mengasahnya jadi lebih tajam lagi dengan mendatangkan guru-guru khusus, semua kita mulai secara intensif sehabis lebaran nanti," tutup Kamili yakin.

Dalam acara penutupan pada Minggu malam (23/6) Setdako Pariaman Ir. Armen, MM barkata sangat mengapresiasi tingkat partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan lomba MTQ tingkat Kecamatan Pariaman Timur ke-3. Armen mengatakan bahwa Pemko Pariaman sangat mendorong kegiatan baca Al Quran dan sudah diatur dalam Peraturan Daerah. Begitu juga dengan perhatian Pemko terhadap kesejahteraan guru mengaji yang dulunya hanya tenaga sukarelawan sekarang mendapat honor yang diambilkan dari APBD Kota Pariaman.

Oyong Liza Piliang

 
×
Berita Terbaru Update