Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius: Mahasiswa Adalah Agen Perubahan

26 Juni 2014 | 26.6.14 WIB Last Updated 2014-06-26T12:02:21Z



Peran mahasiswa yakni sebagai Agent of Change (Agen Perubahan), untuk itu, dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Kota Pariaman haruslah mampu membuat perubahan, demikian ucap Wakil Walikota Pariaman Genius Umar saat Serah Terima resmi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Andalas (UNAND) Padang, Kamis (26/06/2014) di aula Balaikota Pariaman.

Menurutnya, hal ini dikarenakan Pemerintah Kota Pariaman sedang menggalakkan program Desa sesuai dengan Potensi yang ada pada Desa tersebut dimana mahasiswa KKN nantinya membaur.

"Mahasiswa harus mampu membantu pemerintah menganalisa secara terarah mengenai desa-desa tersebut, sehingga dapat dibuat spesifikasi sesuai dengan Potensi Desa, seperti misalnya untuk dijadikan Desa Wisata, Desa Pertanian dll," jungkap Genius.
 

Menurutnya, sebagai Agent of Change, mahasiswa harus mampu mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat dibangku kuliah ketika melaksanakan KKN nanti.

"Sebagai anak-anak muda terdidik, harus mampu melakukan perubahan pola pikir, menjadi fasilitator, Inisiator, juga Katalisator, kalian harus produktif, jangan sampai selama KKN waktu yang ada tidak kalian manfaatkan dengan baik," urai Genius.
 

Disaat sama, Dekan Fakultas Keperawatan UNAND, Prof. DR. Dakhrianus menjelaskan bahwa mahasiswa UNAND telah mengadakan KKN di Kota Pariaman sejak Tahun 2010 lalu berkat Partisipasi aktif dari masyarakat serta kerjasama yang baik dan dukungan dari Pemerintah Kota Pariaman.

"Terimakasih yang sebesar-besarnya, kami berharap semoga kerjasama yang selama ini dapat terjalin lebih baik lagi ke depannya," katanya.

Jumlah mahasiswa KKN yang akan ditempatkan di Kota Pariaman sebanyak kurang lebih 400 orang, pada 11 Desa di 3 Kecamatan se Kota Pariaman. Acara dihadiri oleh Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman, Dosen-dosen Unand dan Kepala Sekolah se-Kota Pariaman. Tema KKN kali ini yakni "Pembangunan Karakter Siswa Melalui Pemberdayaan Masyarakat". 

(nesya/OLP)
×
Berita Terbaru Update