Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mukhlis Sosialisasikan Program Hutan Kota Hingga ke Lapau-Lapau

13 Mei 2014 | 13.5.14 WIB Last Updated 2014-05-13T15:58:20Z




Pemerintah Kota Pariaman peduli untuk melestarian Lingkungan Hidup, bentuk kepedulian tersebut DILAKUKAN melalui program pengembangan Hutan Kota dan Taman Keanekaragaman Hayati di Kanagarian Sikapak. Program pengembangan hutan kota disosialisasikan kepada masyarakat secara luas agar masyarakat juga ikut berpartisipasi. Salah satu bentuk sosialisasi yang dilakukan adalah melalui mediasi "Ota Palanta Lapau Piaman (OPLP)" yang merupakan kegiatan dialog Walikota dengan masyarakat yang diliput oleh stasiun TV.

OPLP kali ini digelar di Lapau Simpang Tigo Tugu, Sikapak Barat, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, diliput oleh Minang TV, Minggu, (11/05/2014).

"Hutan Kota adalah gagasan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan merupakan warisan untuk anak cucu kita nanti," ucap Walikota Pariaman Mukhlis Rahman yang disampaikan dalam sesi dialog tersebut.

Secara umum, penetapan hutan kota bertujuan untuk meningkatkan keserasian dan keseimbangan ekosistem perkotaan yang mencakup unsur lingkungan fisik, sosial dan budaya.

"Secara khusus penetapan dan pengembangan hutan kota bertujuan untuk memperbaiki iklim mikro perkotaan, meresapkan air, melestarikan keanekaragaman hayati lokal yang khas, menyediakan daerah Alternatif evakuasi, serta mencegah erosi dan longsor," imbuh Mukhlis.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa Pemerintah Kota Pariaman merencanakan kurang lebih 10 Hektare lahan untuk hutan Kota, namun lahan yang tersedia saat ini baru seluas 3 Hektare dari Hutan Larangan Kanagarian Sikapak. Untuk kekurangan lahan sebanyak 7 Hektare lagi, diperlukan partisipasi masyarakat yang memiliki lahan disekitar hutan Larangan tersebut.

Sementara itu, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Aspardi yang juga ikut dalam acara ini, menyatakan bahwa Masyarakat dan KAN Sikapak pada dasarnya mendukung program ini, tinggal pelaksanaan dari Pemerintah Kota Pariaman saja.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, Syaiful Rizal, Kepala BP2KB, Drg. Yandra Ferry, Kepala Dinas Sosial, Afnil, Kepala Badan lingkungan Hidup, Definal, Kepala Dinas kesehatan, Yutiardi Rifa'i, Kabag Humas, Hendri, Camat Pariaman Utara Yakirman, Kepala Desa Sikapak Barat Efrizal dan Kepala Desa Sikapak Timur Lina, serta masyarakat Desa Sikapak Barat.

(H/nesya/OLP)
×
Berita Terbaru Update