Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

WISATA KULINER LOS LAMBUANG BALAI KURAI TAJI

18 Juni 2012 | 18.6.12 WIB Last Updated 2012-06-18T13:59:10Z

urang piaman nan palala dan parewa tak ada yg tak pernah ke los lambuang yg terletak dibalai kuraitaji, kec pariaman selatan kota pariaman. ini adalah palanta terbesar dikota ini.. pasa makanan khas piaman ini nonstop dan ramai 24jam setiap harinya..jika subuh2 banyak pula para marapulai baru membawa urang mudo pengiring mereka sepulang dari malam pertama ke los ini.. menu yg biasanya dipesan mempelai baru ini sudah bisa ditebak telor 1/2 matang, 1/4 matang. sarapan pagi dilos ini yg paling terkenal adalah katupek gulai tunjang nan "sabana sero"..terbuat dari kulit jawi atau kerbau yg direbus dan digulai.. ini sangat tinggi kolesterolnya. tersedia juga katupek gulai paku ,lontong,sala dll, serta minuman yg sangat khas dipariaman ini yaitu "teh talua".


los lambuang juga terkenal palantanya "SEJUTA UMAT" dari semua kalangan.. mulai dari kalangan anak muda yg jika malam hari saya lihat sering pula membawa laptop sambil browsing sembari makan dan minum apa yg menjadi selera mereka disana,juga dari kalangan pejabat, politisi,tukang pakang, parewa bahkan sampai pengusaha2 besar sekalipun.. isu2 politik sering lahir dipalanta los lambuang ini.mereka mengemas isu politik dengan sisi pandang dan persepsi mereka pula,ada yg sambil bagurau, dan ada juga yg dg amat seriusnya.. dan sekarang isu yg paling hot dibicarakan dilos lambuang ini adalah isu kereta api yg akhir2 ini sering bertabrakan dg mobil dan memakan korban jiwa dikarenakan tak adanya satupun ampang palang diseluruh lalulintas rel dan jalan raya publik ini dikota pariaman.dan kasus manggung (proyek normalisasi batang manggung yg diduga kuat penuh unsur KKN) . dan saya yg paling tidak seminggu sekali "mancogok" ke los ini sering juga jadi situkang bahas isu2 hangat dipalanta los lambuang ini.. bahkan bahan2 tulisan saya diweb ini sering merujuk pada isu2 hot yg dilos lambuang ini pula..


menu2 makanan dilos lambuang ini sangat lengkap.. jika subuh dan pagi hari dominan makanan sarapan pagi , katakanlah katupek gulai tunjang, gulai paku dan juga sala bulek beserta minuman pagi lainnya seperti teh talua, teh susu,kopi susu ,teh manih, kopi dll, juga ada lontong dan nasi goreng. los lambuang jangan ditanya ramainya jika malam hari.. untuk parkir mobil saja jika anda tak memperkirakan berapa lama hendak duduk disini akan susah keluarnya karena dibelakangnya sudah diisi pula oleh mobil2 lainnya yg menyusul.. nah jika anda hanya sekedar sebentar dan hanya buat makan2 saja bersama kolega,kawan atau keluarga saya sarankan yg pakai mobil memarkirkan agak keluar dan mudah anda akses jika hendak berlalu dari sana.


makan malam disini sungguh "sero".. dan karena enaknya makanan disinilah maka pengunjungnya ramai dari tahun ketahun.. saya kalau kesini lebih sering memesan mie goreng dilos lambuang ini.. rasanya sangat berbeda daripada ditempat2 lain yg ada dipariaman ini.. begitu juga nasi gorengnya.. dan minuman favorit saya adalah jus pokat.. selera saya memang standar sangat.. teh talua dari dulunya saya berpantang, tak cocok sedikitpun dilidah saya.. pernah saya paksakan perut saya yg mual dibuatnya.. menu2 dimalam hari jangan ditanya pula lengkapnya.. nasi goreng,mie goreng, sate piaman,sate ayam dll.. begitu pula minuman2nya.. sangat lengkap .. dari kopi mangopi.. sampai jus manjus.. dan tentu saja teh taluanya.. salah satu kelebihan los lambuang ini dari palanta2 yg ada dipiaman ini adalah selain makanannya, disini tk jarang pula transaksi2 besar berawal. mulai dari bisnis2 mobil bekas, perumahan sampai transaksi politik.. silahkan anda cek jika anda meragukannya.. bahkan mandat2 ketua parpol dan ormas2 besar sering pula dimatangkan dilos lambuang ini.. dan bagi kalangan yg hobi bermain domino jangan ditannya banyaknya "labuhan"nya disini nan silih berganti berganti hungga larut hari.. kesimpulannya los lambuang kuraitaji selain tempat kuliner yg nyaman dan bersahaja.. juga ajangnya silaturahmi bagi kalangan perantau yg pulang kampung dan membawa sahabat2 lamanya bernostalgia sambil makan2 disini.. dan nilai plus los lambuang ini... apapun isu terkini dipariaman ini.. dilos inilah yg paling update dan bisa jadi bahan referensi.. siapasih orang pariaman dan pejabat daerah piaman yg tak pernah kemari..


catatan oyong liza piliang
×
Berita Terbaru Update