Home » , , » TABUIK PIAMAN

TABUIK PIAMAN

Written By oyong liza on Jumat, 04 Mei 2012 | 22.58



pesta budaya tabuik sudah menjadi ikon kota pariaman, bak pepatah " pariaman tadanga langang batabuik makonyo rami" pesta budaya ini sudah menjadi agenda tahunan pemko pariaman. tak terhitung jumlah pengunjung saat tabuik dihoyak setahun sekali ini. objek wisata yang menarik dan tentunya memberi pemasukan lebih bagi masyarakat kota pariaman. tabuik yang dihoyak setahun sekali ini dimanfaatkan ajang pulang kampung bagi para perantau piaman diberbagai kota di indonesia. seiring perkembangan zaman budaya tabuik yang dulunya ada tradisi "parang batu" sekarang dihilangkan demi menghindari korban luka2.. bahkan dulu sewaktu saya kecil pernah menyaksikan batu sekepalan tangan orang dewasa menghempas kepala orang yg terkena lemparan. darah bercucuran. dan dia segera dibawa ke rumah sakit umum. hal lempar batu sekarang sudah dihapuskan sehingga menonton tabuik tabuang jadi ajang rekreasi wisata lokal yang sangat terkenal.

tahap demi tahap dari mulai mengambil tanah ,proses pembuatan tabuik hingga turun untuk dibuang kelaut adalah sakral dan hanya dilaksanakan kepada orang yang telah ditunjuk. di era sekarang ini sebelum tabuik dioyak even2 keramaian digelar pemko melalui dinas pariwisata. mulai dari pasar malam sampai bazar murah.pariaman selalu ramai ,pedagang meraup untung dan masyarakat terhibur. pesta budaya ini wajib dilestarikan sebagai ciri khas daerah kita. promosi2 ketingkat nasional harus digiatkan untuk menyedot wisatawan datang kekampung kita.

nah tanpa banyak mukadimah bagi dunsanak yang jarang pulang kampuang atau teman2 dimanapun juga yang belum tau apa itu tabuik piaman silahkan tonton video diatas... :)

oyong liza piliang

follow twitter @oyongliza76

Artikel Terkait

Share this article :