Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Fastabiqul Khairat, Baznas Pariaman terima himpunan zakat dari UPZ Desa Rambai

8 September 2021 | 8.9.21 WIB Last Updated 2021-09-08T07:24:33Z

Ongga Zalman Zaunit bersemangat menjemput zakat pertama yang dikumpulkan UPZ Desa Rambai. Foto: istimewa

Pariaman - Badan amil zakat nasional (Baznas) Kota Pariaman menerima himpunan zakat dari unit pengumpul zakat (UPZ) Desa Sungai Rambai. Zakat yang dikumpulkan dari para perangkat desa itu kemudian diserahkan langsung kepada Ketua Baznas Kota Pariaman, Zalman Zaunit di desa itu, Rabu (8/9).

"Kita sangat mengapresiasinya. Baznas Kota Pariaman langsung menjemputnya karena ini adalah UPZ pertama yang menyerahkan zakat," ungkap Zalman Zaunit.

Menurut Ongga, Zalman Zaunit karib disapa, golongan mustahik Pariaman sangat membutuhkan uluran zakat dari para muzaki, apalagi di masa pandemi banyak ekonomi masyarakat mengalami kemunduran dan jalan di tempat.

"Meski pertumbuhan ekonomi berangsur bangkit, namun ekonomi sebagian masyarakat masih terpukul dan jalan di tempat. Pemerintah tengah berusaha keras, baik pusat maupun pemerintah daerah. Di sinilah Baznas hadir membantu pemerintah," sambung Ongga.

Disadari Ongga, meski Baznas Pariaman mampu menghimpun zakat hingga Rp 3 miliar per tahunnya, dengan situasi saat ini, jumlah tersebut belum memadai jika dilihat dari sisi penerima zakat.

Contohnya saja dalam program pendidikan. Menurut Ongga masih banyak mahasiswa Pariaman yang belum tercover program satu keluarga satu sarjana (Saga Saja) karena bukan dari golongan keluarga tidak mampu.

"Hampir setiap hari ada mahasiswa bawa proposal ke kantor Baznas Pariaman. Ini karena keadaan dan ekonomi. Jika dulunya keluarga mereka tergolong mampu, karena pandemi, usaha dan pendapatan keluarga mereka jauh menurun. Golongan ini wajib kita bantu karena sudah masuk golongan mustahik," ungkap Ongga yang diamini Wakil Ketua I Baznas Kota Pariaman, Boedi Satria.

Oleh sebab itu Ongga meminta kepada setiap UPZ lebih bekerja keras lagi mengumpulkan zakat di setiap desa dan kelurahan dengan mencontohkan apa yang telah dilakukan UPZ Desa Sungai Rambai.

"Inilah saatnya. Ini Fastabiqul Khairat (berlomba dalam berbuat kebajikan) sesungguhnya. Saat ini, kepekaan kita selaku manusia diuji. Empati kita diertanyakan. Kalau tidak kita yang membantu sesama, siapa lagi," pungkasnya.

Zakat yang dihimpun disersahkan langsung oleh Ketua UPZ Desa Sungai Rambai, Tuanku Nasril didampingi Kepala Desa Sungai Rambai, Syamsuardi secara simbolis.

Selanjutnya juga dilakukan penyaluran zakat kepada warga desa setempat bernama Tibari, golongan mustahik berusia lanjut. (OLP)

×
Berita Terbaru Update