Syarat dan tata cara mendaftar jadi mahasiswa Saga Saja Pariaman tahun akademik 2021-2022

Kepala Dinas Dikpora Kota Pariaman, Kanderi. Foto: istimewa

Pariaman - Pemko Pariaman membuka pendaftaran calon masiswa baru program Satu Keluarga Satu Sarjana alias Saga Saja mulai 1 April lalu, hingga 21 Mei 2021 mendatang. Syarat peserta pendaftaran berasal dari keluarga tidak mampu yang terdaftar dalam DKTS (data terpadu kesejahteraan sosial) Kota Pariaman yang diinput di Dinas Sosial.

"Ini adalah penerimaan tahun keempat dalam Program Saga Saja," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi di Pariaman, Kamis (22/4).

Sedangkan metode pendaftaran, kata dia melalui aplikasi karena pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan mendaftar secara langsung.

"Aplikasinya bisa diunduh di hp android," kata dia. Namun setelah dicek melalui kata kunci 'disdikpora kota pariaman' di Playstore Android, aplikasi yang dimaksud Kanderi tidak tertampil.

Untuk tahap awal pendaftaran, pihaknya baru menerima syarat utama calon mahasiswa masuk dalam DTKS. Sedangkan tahapan seleksi penerimaan mahasiswa, kata dia, langsung dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan Pemko Pariaman.

Ia berharap calon mahasiswa asal kota Pariaman memanfaatkan peluang itu karena program yang hampir sepenuhnya dibiayai Pemko Pariaman melalui APBD ini, bertujuan untuk memberantas kemiskinan melalui pendidikan.

"Untuk itu pilihlah perguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuan masing-masing agar peluang untuk lolos semakin besar,” kata dia.

Sejumlah perguruan tinggi vokasi akan tersedia bagi calon mahasiswa karena telah menjalin ikatan kerjasama dengan Pemko Pariaman. Seperti Politeknik Negeri Padang, Politeknik Akademi Teknologi Industri Padang, Politeknik Pelayaran Sumbar, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia dan Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor.

Jenjang program Saga Saja adalah jenjang Diploma III dan Diploma IV pendidikan vokasi. Untuk syarat administrasi sebelum pendaftaran, calon mahasiswa wajib tahu list di bawah ini;

1. Warga Kota Pariaman dibuktikan dengan KK dan KTP.
2. Umur maksimal 22 tahun pada bulan Juli 2020
3. Lulusan SMA/SMK/MA.
4. Pilihan program studi disesuaikan dengan jurusan/program studi di SMA/SMK/MA
5. Surat Keterangan Kurang Mampu dari Desa/Kelurahan berdomisili yang ditandatangani minimal 3 orang perangkat (Kepala Desa/Lurah, Sekretaris dan LPM, BPD) dan akan dicocokkan dengan DTKS Kota Pariaman.
6. Ijazah terakhir SKHU/Surat Keterangan Lulus Sementara.
7. Diperbolehkan memilih 3 Perguruan Tinggi dengan ketentuan pilihan pertama adalah salah satu dari : Politeknik Negeri Padang, Politeknik Akademi Teknologi Industri Padang, Politeknik Pelayaran Sumbar dan Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman. Pilihan kedua adalah Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia dan Pilihan ketiga adalah Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor.
8. Semua persyaratan diatas discan dan disimpan dalam format PDF serta diberi nama sesuai dengan dokumennya. Contoh: KK_Nama, KTP_Nama, ljazah_Nama dan SKTM_Nama.

Apa itu Saga Saja dan apa yang didapat calon mahasiswa?

Bagi calon mahasiswa yang lulus tes administrasi dan tes akademik akan mendapatkan bantuan pendidikan dari Pemerintah Kota Pariaman berupa uang SPP dan uang bulanan Rp 500.000 per bulan untuk Perguruan Tinggi di dalam Provinsi Sumatera Barat.

Sedangkan untuk perguruan tinggi di luar Provinsi Sumatera Barat, masing-masing mahasiswa menerima uang saku bulanan sebesar Rp 2.500.000.

Uang SPP Semester 1 dan uang bulanan selama 6 bulan (1 semester) akan dibayarkan langsung setelah lulus seleksi akademik pada masing-masing Perguruan Tinggi.

Sedangkan uang SPP semester II-VI/VIII dan uang bulanannya akan dibayarkan dengan persyaratan IPK mahasiswa semester minimal 2,75. Apabila IPK mahasiswa tersebut kurang dari 2,75 maka SPP akan ditanggung oleh mahasiswa dan tidak mendapatkan uang bulanan selama 6 bulan (1 semester).

Akan tetapi apabila mahasiswa tersebut mendapatkan IPK minimal 2,75, maka SPP dan uang bulanan akan dibayarkan untuk semester berikutnya. Malah jika mahasiswa mendapatkan IPK per semester 3,75, maka Pemerintah Kota Pariaman akan memberikan uang tambahan sebesar Rp 1.000.000.

Uang SPP Semester I - III, uang bulanan semester I - III serta reward semester I – III dibayarkan oleh BAZNAS Kota Pariaman, sedangkan uang SPP Semester IV VI/VIII, uang bulanan semester IV - VI/VIII serta reward Semester IV - VI/VIII ditanggung oleh APBD Kota Pariaman. (*)