Yoserizal Pimpin Pengadilan Negeri Pariaman


Pariaman -- Pengadilan Negeri (PN) Klas IB Pariaman gelar serah terima jabatan Ketua PN dari Admiral kepada Yoserizal, Senin (28/8), di Balaikota Pariaman. Yoserizal diambil sumpah jabatannya oleh Ketua Pengadilan Tinggi Sumbar Husni Rizal.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyambut baik ketua PN baru Yoserizal. Ia mengatakan kerjasama yang baik antara PN dengan Pemko Pariaman telah terjalin selama kepemimpinan Admiral.

"Kerjasama yang telah tercipta selama ini, hendaknya dapat diteruskan oleh bapak Yoserizal. Semoga beliau mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya membawa marwah pengadilan dengan mengedepankan prinsip keadilan dan hati nurani," ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi pengkaderan yang dilakukan oleh ketua PN yang lama sehingga ada beberapa wakil diangkat menjadi ketua.

"ini menunjukan Pengadilan Negeri Pariaman mempunyai budaya membina bawahannya, sehingga berhasil menjadikan mereka memegang jabatan sebagai ketua setelah mempunyai kapabilitas untuk itu. Ini merupakan keberhasilan pimpinan membina bawahannya," sambungnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih sudah ditunjuknya Balaikota Pariaman sebagai lokasi tempat acara pelantikan--biasanya dilakukan di Pengadilan Tinggi Sumbar di Padang--merupakan pertama dilakukan.

"Hal ini telah menjadi promosi tersendiri bagi kami Kota Pariaman karena ketua Pengadilan Tinggi Sumbar dan Hakim Tinggi, serta ketua PN dari seluruh Sumatera Barat datang ke Kota Pariaman," tutupnya.

Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Barat Husni Rizal, mengatakan bahwa jabatan itu adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Maka dari itu kata dia, tingkatkan terus pelayanan kepada masyarakat.

"Karena kawasan hukum Pengadilan Negeri Pariaman mencangkup dua wilayah kota Pariaman dan kabupaten Padangpariaman, saran kritiknya apabila ada penyimpangan atau pelayanan yang tidak sesuai prosedur," kata dia.

Dia juga mengimbau jajaran bawahannya, baik ketua, hakim maupun panitera agar jangan sekali-kali menyelewengkan jabatannya untuk kepentingan pribadi atau memperkaya diri sendiri.

"Sudah tidak jamannya itu, saat ini sudah banyak hakim maupun panitera yang terjaring OTT baik oleh KPK maupun kepolisian, jadi jangan macam-macam. Kerjakan tugas dan tanggung jawab saudara sesuai dengan ketentuan yang ada," ia tegas.

Acara turut dihadiri oleh Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah, Kapolres Pariaman AKBP Bagus Suropratomo, Kapolres Padang Pariaman AKBP Eri Dwi Hariyanto, Ketua Pengadilan Negeri se-Sumatera Barat serta tamu dan undangan lainya. (Juned/OLP)