Suhu Mekkah Capai 42°C, Calon Haji Padangpariaman Persiapkan Diri Capai Puncak Arafah


Mekkah -- الحج عرفة -Haji itu adalah arafah-- sabda Rasulullah SAW tersebut menjadi pengingat bagi jamaah calon haji kloter 15 embarkasi Padang bahwa puncak haji adalahsaat wukuf di Padang Arafah.

Oleh sebab itu Sekda Padangpariaman Jonpriadi, mengimbau jamaah Padangpariaman yang tergabung di kloter 15 embarkasi Padang mempersiapkan diri untuk mencapai puncak itu dengan kondisi prima.

"Mengingat cuaca yang sangat berbeda dengan tanah air dimana suhu di pagi ini merangkak mencapai 42°c, jarak penginapan jamaah dengan Masjidil Haram berkisar 3 km dan telah berkumpulnya seluruh jamaah calon haji di Mekkah, maka petugas haji telah menyarankan kepada jamaah untuk menjaga kesehatan dan berhati-hati saat beribadah ke Masjidil Haram," ujar Jonpriadi, Senin (21/8) di Mekkah, sebagaimana dilaporkan oleh THPD Padangpariaman Afrinaldi Yunas dalam surelnya kepada redaksi.

Pagi ini waktu Arab Saudi, imbuh sekda, jamaah lebih banyak salat subuh di masjid hotel ketimbang berangkat ke Masjidil Haram. Seusai salat itu disampaikan beberapa info terkait persiapan wukuf di Padang Arafah oleh petugas haji.

Jamaah asal Kabupaten Padangpariaman hingga saat ini masih istitha'ah (mampu) untuk menyelesaikan seluruh urutan kegiatan haji.

"Meski ada beberapa yang lanjut usia dan mendapatkan perawatan serta perhatian khusus dari tim kesehatan," sebutnya. (Af)