Perayaan HUT RI Ke-72 di Perumahan Jati Raya Indah Berlangsung Meriah

Keakraban Mardison dengan segenap warga komplek Perumahan Jati Raya Indah
Jati Raya -- Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin berikan bonus uang tunai bagi peserta lomba gerak jalan santai yang bisa menghafal teks Proklamasi Indonesia. Lomba gerak jalan santai warga komplek Perumahan Jati Raya Indah itu dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 sekaligus HUT Kota Pariaman ke-15, Minggu (27/8/2017).

Salah seorang peserta yang hafal teks Proklamasi Indonesia ternyata istri Mardison Mahyuddin


Dari lima peserta yang dihadirkan ke atas pentas untuk menghafal teks Proklamasi Indonesia, hanya tiga orang yang mampu menghafalnya dengan lantang. Dua lainnya bukan tidak bisa, mereka dianulir dianggap tidak lugas karena terdapat beberapa kesalahan minor dalam penggunaan kalimat. Karena teks proklamasi merupakan 'kalimat suci' yang tidak boleh salah dalam pengucapan, panitia menganggap sepenuhnya salah.

"Bangsa kita berjuang dengan segala cara untuk merebut kemerdekaan. Menggunakan senjata apa saja termasuk bambu runcing hingga negara kita diproklamasikan. Teks Proklamasi Indonesia harus hapal oleh segenap anak bangsa," ujar Mardison.

Perayaan hari kemerdekaan RI di komplek Perumahan Jati Raya Indah berlangsung meriah. Sebelum menggelar lomba gerak jalan santai,  warga dihibur oleh permainan musik KIM berhadiah pada Sabtu malam (26/8) yang berlangsung hingga pukul 24.00 WIB.

Di komplek yang hanya berjarak beberapa meter dari hunian dinas wakil walikota Pariaman Genius Umar dan ketua DPRD Mardison Mahyuddin itu, acara berjalan dengan suasana kekeluargaan. Seluruh warga duduk di kursi yang disediakan panitia. Mereka sibuk mencocokkan angka yang rilis dari dendangan lagu minang ke kupon yang ada di tangan mereka. Sesekali terlihat warga maju ke depan dengan kupon diangkat tinggi pertanda nomor di kupon mereka semuanya keluar dalam lagu. Mereka menang dan langsung mendapatkan hadiah.

Dalam lomba gerak jalan santai Minggu pagi juga tak kalah meriah. Sekitar 300 warga komplek, termasuk anak-anak mengikuti lomba yang dibuka dan sekaligus diikuti oleh Mardison Mahyuddin itu. Di antara anak-anak ada yang menggunakan sepatu roda.

Salah seorang peserta Syafinal Akbar, mengatakan lomba jalan santai mengitari tiga desa/kelurahan berjarak 3,5 km. Desa Rawang, Pauh Timur, kemudian finish di depan komplek perumahan yang masuk wilayah Kelurahan Jati Hilir.

"Kita mulai dari pukul delapan pagi (08.00 WIB). Semua warga semangat termasuk anak-anak," ujar Syafinal Akbar yang juga wakil ketua DPRD Kota Pariaman ini.

Ia berkata bahwa peringatan HUT RI dan HUT Kota Pariaman rutin dirayakan setiap tahun di komplek perumahan itu. "Selalu setiap tahun. Hanya temanya saja yang diubah. Jika dulu ada panjat pinang, sekarang diganti dengan gerak jalan, lomba makan kerupuk dan lomba memasukan paku dalam botol," ungkapnya.

Hadiah yang disediakan juga terbilang besar. Menurut ketua panitia Mery Milanda, seluruh hadiah berasal dari swadaya warga dan donasi. Hadiah utama sepeda dan smartphone khusus untuk pemenang lomba gerak jalan santai, diraih dengan cara diundi.

"Puluhan hadiah lainnya berupa peralatan rumah tangga," sebut Mery Milanda. (OLP)