Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

'Pandeka' Sungai Buluah Wakili Sumbar Pencak Silat Nasional di Jogja

14 Agustus 2017 | 14.8.17 WIB Last Updated 2017-08-14T12:29:22Z

Batang Anai -- Perguruan Silat (PS) Karang Indah Nagari Sungai Buluah Selatan, Kecamatan Batang Anai, wakili Sumatera Barat mengikuti lomba pencak silat tingkat nasional dalam iven Pencak Malioboro Festival V pada 18 hingga 20 Agustus 2017 mendatang di Jogjakarta.

Kontingen PS Karang Indah yang diketuai Febri Deni, resmi dilepas oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Padangpariaman, Januar Bakri (13/8/2017). Turut hadir Hasan Basri anggota DPRD Kabupaten Padangpariaman yang juga putra Sungai Buluah dan tokoh masyarakat setempat Rosnam.

Januar Bakri mendukung penuh dan memberikan apresiasi kepada PS Karang Indah atas keikutsertaannya ke even nasional itu.

"Semoga PS Karang Indah dapat mengharumkan Sumbar dan Padangpariaman di kancah pencak silat nasional," harapnya.

Pencak silat, kata Januar, mesti dilestarikan karena merupakan seni budaya warisan leluhur. Januar juga mengatakan bahwa pencak silat sebagai media pendidikan karakter generasi muda, tepat sekali untuk dikembangkan karena juga bisa melatih sopan santun generasi muda. Putra Nagari Buayan itu juga serahkan bantuan untuk biaya kontingen PS Karang Indah.

"Sebagaimana pepatah Minang mengatakan, barek samo dipikua ringan samo dijinjiang. Bajalan babuah batiah malenggang babuah tangan, kok dak panuah ka ateh kok dak ka bawah untuk meringankan biaya para peserta," ujar Januar saat menyerahkan bantuannya yang diterima Guru Silat Pandeka Malin disaksikan Afrizal Eri Gunuang Pandeka Sati.

Selain mendapatkan bantuan dari donatur, PS Karang Indah juga mendapatkan bantuan dari sumbangan masyarakat sekitar yang saling bahu membahu meringankan beban kontingen, terutama para orang tua mereka agar anak-anaknya nanti bisa menjadi orang yg berptestasi. (Tim)
×
Berita Terbaru Update