Melahirkan di Klinik? A-jek Padangpariaman Siap Antarkan Akta Kelahiran

Logo AJEK Padangpariaman
Pariaman -- Akte kelahiran dan dokumen kependudukan selalu menjadi persyaratan penting untuk berurusan di berbagai pusat pelayanan publik. Karena perannya yang sangat penting, seringkali masyarakat mengurusnya di saat-saat dokumen tersebut diperlukan dan ingin cepat selesai, suatu gejala yang berkembang di tengah-tengah masyarakat sampai saat ini.
 

Oleh sebab itu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Padangpariaman meluncurkan program baru bekerjasama dengan para pihak untuk membantu masyarakat agar lebih cepat mendapatkan dokumen kependudukan.

"Program ini kami namakan ALPA BETA---Anak Lahir Pulang Bersama Akta---yang didukung oleh AJEK--Antar Jemput Administrasi Kependudukan," ungkap Kepala Dinas Dukcapil Muhammad Fadhly, di Pariaman, Senin (28/8).

Lantas, bagaimana program ini diluncurkan? Kepala Seksi Kelahiran Disdukcapil M Devid,  menjelaskan bahwa program itu sebenarnya telah dipersiapkan perencanaannya sejak tahun 2016 dan telah di soft-launching pada awal tahun 2017.

"Setelah itu kami mempersiapkan sarana dan prasarananya beserta SOP pada masing-masing stakeholder yang terlibat dalam program ini. Saat ini sudah berjalan dan kita terus membenahi prosesnya agar semakin sempurna dan menambah kerjasama dengan puskesmas-puskesmas," kata dia.

Menurut dia, klinik Aisyiah Pariaman adalah salah satu mitra pihaknya dalam program ini. Siapa yang melahirkan di klinik Aisyiah, petugas klinik akan memproses administrasinya.

"Proses selanjutnya berjalan dan kami akan mengantarkan akte kelahiran anak yang baru lahir sebelum mereka pulang ke rumah," jelasnya.

Program Ajek merupakan inovasi pejabat eselon IV pada Disdukcapil yang memang diwajibkan untuk terus membenahi setiap sarana yang dapat mendukung pencapaian target pelayanan akte kelahiran maupun e-KTP.

"Program ini kemudian dikembangkan dengan 25 puskesmas dan Disdukcapil menerima kerjasama dengan klinik swasta manapun yang melakukan peyananan persalinan," ungkapnya lagi.

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni, sebelumnya menjelaskan bahwa program AJEK sangat didukung oleh pemerintah daerah. "Bahkan kita akan menambah sepeda motor AJEK sesuai kebutuhan. Yang penting pelaksanaan pelayanan dapat ditingkatkan terus menerus," ujar Ali Mukhni.

Selain AJEK, tahun ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga meluncurkan beberapa program baru, seperti Weekend Service, Mitra PMI dan Kadoku e-KTP bagi siswa siswa SMA. (Roza)