Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kampung Perak, Kampung Makanan Ringan Pariaman

18 Agustus 2017 | 18.8.17 WIB Last Updated 2017-08-18T12:00:43Z

Pariaman -- Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindag Kop UMKM)Kota Pariaman, meriahkan peringatan Hari Koperasi tahun 2017 dengan jalan santai di Pantai Gondariah, Jumat (18/8). Kegiatan tersebut sekaligus menjadi bagian rangkaian peringatan HUT RI ke-72 tahun 2017 di Kota Pariaman.

Kepala Dinas Perindag Kop UMKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit, mengatakan, kegiatan jalan santai dilaksanakan dalam peringatan hari koperasi tahun 2017 dan akan dilaksanakan setiap tahunnya. Selain jalan santai, juga dilaksanakan peresmian Kampung Makanan Ringan di Kelurahan Kampung Perak, Kota Pariaman.

Menurutnya, perkembangan koperasi di Kota Pariaman menunjukan peningkatan. Tidak hanya dari sisi jumlah, namun juga kualitas koperasi itu sendiri.

“Bukan hanya sisi jumlahnya saja, juga kualitas koperasi,” ujarnya.

Ketua Dekopinda Kota Pariaman Romi Rusli, mengatakan, di tahun 2017, koperasi di Kota Pariaman yang dominan bergerak di bidang usaha UMKM kerajinan dan kuliner khas Pariaman, mendapatkan bantuan berupa etalase, bantuan modal yang bersumber dari CSR PT Semen Padang dan Dinas Perindag UMKM Kota Pariaman.

“Dukungan dari pihak pemko dan BUMN untuk koperasi sangat baik. Tidak hanya berbentuk fisik, tapi juga pembinaan secara berkelanjutan,” kata dia.

Ia juga mengingkatkan agar masyarakat tidak asal mendirikan koperasi. Belakangan di daerah lain, banyak dijumpai praktik pendirian koperasi yang dilatari untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah ataupun BUMN, namun pada operasionalnya sarat dengan permasalahan.

“Pendirian dan operasional koperasi juga mengandung peluang terjadinya korupsi. Di daerah lain ada terjadi praktik untuk mendapatkan bantuan, didirikanlah koperasi, tapi kegiatannya tidak jelas,” sebutnya.

Sementara itu Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, berkomitmen akan terus mengembangkan koperasi menjadi kekuatan ekonomi di Kota Pariaman. Menurutnya, koperasi yang didasari oleh azas kekeluargaan dan gotong rotong terbukti memiliki pondasi yang kuat saat terjadinya krisis ekonomi.

Selain Walikota Pariaman, dalam kegiatan itu juga dihadiri Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Kepala Departemen KUS PT Semen Padang Iskandar Lubis, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Kasdim 0308/Pariaman Mayor Inf Marjoni M, Kapolres Pariaman AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto, Sekdako Pariaman Indra Sakti, Ketua Dekranasda Kota Pariaman Reni Mukhlis dan SOPD se Kota Pariaman. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update