Hujan dan Angin Kencang, Mardison Imbau Warga Waspadai Pohon Tumbang


Pariaman -- Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, imbau masyarakat mewaspadai kondisi cuaca ekstrem yang belakangan mulai terjadi di Kota Pariaman.

Kondisi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang yang merata beberapa minggu terakhir, jika tidak diantisipasi akan menganggu aktivitas masyarakat, bahkan bisa menelan korban jiwa. Imbauan tersebut disampaikannya dalam setiap kegiatan kunjungan kepada masyarakat di Kota Pariaman.

“Dalam berbagai kesempatan kita terus sampaikan kepada masyarakat tetap waspada karena kondisi cuaca yang ekstrim. Jika hujan lebat ataupun badai, sebaiknya jangan beraktivitas di luar rumah,” imbaunya di Pariaman, Senin (21/8).

Tingginya curah hujan harus diantisipasi manakala terjadi musibah banjir seperti yang terjadi di tahun 2016 silam.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk mempedomani prakiraan cuaca dalam melaksanakan aktivitas di luar rumah. Kemudahan akses informasi melalui aplikasi media sosial dan BMKG, dapat dijadikan rujukan oleh masyarakat memperhatikan perkiraan cuaca.

Selain itu, Mardison juga meminta agar pihak terkait yang berkompeten di bidang penanggulangan kebencanaan terus waspada dengan segala kemungkinan musibah yang disebabkan tingginya curah hujan dan badai.

“Kita juga tetap komunikasi langsung dengan pihak BPBD, jika terjadi resiko tersebut, tentu kita sudah siap,” ulasnya.

Ia juga meminta agar pihak terkait seperti Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pariaman melakukan pengecekan terhadap pohon-pohon yang ada di jalan umum untuk menghindari terjadinya pohon tumbang dan menelan korban. Jika nantinya terdapat pohon yang telah tua, pihak BLH dapat melakukan peremajaan.

“Jangan sampai ada korban jiwa seperti yang terjadi di daerah lain. Jika memang ada pohon yang telah tua, lakukan peremajaan saja,” pungkasnya. (Nanda)