Genius Pilih Pungut Sampah Pantai Cermin di Hari Libur Bersama Pramuka

Genius Umar bersama ratusan pramuka terlihat sibuk memungut setiap sampah yang diemukan di sepanjang Pantai Cermin
Pariaman -- Pramuka Pariaman gelar aksi bersih-bersih sampah di sepanjang Pantai Cermin Pariaman, Minggu (27/8). Aksi volunteer (sukarela) itu dikomandoi langsung oleh Kakwarcab Pramuka Kota Pariaman Genius Umar.

Genius Umar berkata, setiap destinasi wisata harus bersih dari sampah agar mampu menciptakan nuansa nyaman bagi pengunjungnya. Sebaliknya jika sampah berserakan, haram orang akan kembali berwisata ke daerah tersebut.

Kebersihan, sambung Genius, bukan hanya tanggungjawab Pemko Pariaman semata dengan Badan Lingkungan Hidup-nya. Akan tetapi tanggungjawab segenap warga Pariaman dan kesadaran pengunjung.

"Tidak terkecuali pramuka sebagai organisasi kepanduan. Harus menjadi teladan dalam hal kebersihan," imbuhnya.

Ia menambahkan, aksi volunteer bersih sampah akan dijadikan rutinitas pramuka tiap dua minggu sekali. Pramuka akan mengambil tanggungjawab untuk mewujudkan lingkungan wisata Pariaman yang bersih dan asri setiap saat mata memandang.

"Kalau tempat wisata kita sudah bersih, kunjungan wisatawan pun nantinya akan semakin tinggi juga, yang akan berimbas pada peningkatan perekonomian di tengah masyarakat, yang ujungnya adalah taraf kesejahteraan masyarakat semakin baik," tuturnya.

Aksi bersih sampah oleh pramuka, kata Genius, juga dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke-56 tanggal 14 Agustus lalu yang mengusung tema "Kita Jadikan Pramuka Bhakti Untuk Negeri, Peduli Terhadap Lingkungan."

Di samping itu, Genius Umar juga berharap masyarakat dan pengunjung agar membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan.

"Dengan masih banyaknya sampah yang bertebaran menunjukkan masih rendahnya kesadaran masyarakat dan pengunjung dalam memelihara kebersihan. Jadi mari kita galakan bersama dari sekarang untuk membudayakan membuang sampah pada tempatnya," tutupnya. (Juned/OLP)