Di Mekkah, Calon Haji Padangpariaman Berdoa Untuk Tarok City


Mekkah -- Hilal terlihat jelas saat terbenamnya matahari 29 Zulqadah 1438 Hijriyah di ufuk Kota Suci Mekkah. Bersamaan dengan itu Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menetapkan 1 Zulhijjah jatuh pada hari Rabu 23 Agustus 2017.

"Jadi berarti bahwa puncak haji yaitu wukuf di Padang Arafah 9 Zulhijjah akan berlangsung pada Kamis 31 Agustus 2017," ujar Sekda Padangpariaman Jonpriadi, di Mekkah sebagaimana surel yang diterima redaksi dari Afrinaldi Yunas TPHD Padangpariaman, Rabu (23/8).

Menyambut ibadah wukuf tersebut, kata Jonpriadi, kelompok terbang (Kloter) 15 embarkasi Padang--jemaah haji Padangpariaman tergabung--akan melaksanakan Manasik Armuna (Arafah, Muzdalifah dan Mina) pada tanggal 23 dan 24 Agustus 2017 pukul 10.00 waktu Mekkah di Masjid Hotel Asfar Plaza, Syisyah, Arab Saudi.

Sementara, tim pembimbing ibadah haji Padangpariaman Dedi Wandra, berkata bahwa jamaah calon haji kloter 15 berjumlah 392 orang, untuk efektifitas dan efesiensi, Manasik Armuna diselenggarakan 2 dalam tahap.

"Hari ini barusan diikuti oleh rombongan 1 sampai dengan 5. Sisanya, Manasik rombongan 6 sampai dengan 9 dilaksanakan esok hari pada jam yang sama," ujarnya.

Meskipun manasik telah dilaksanakan di Tanah Air, sambung Dedi Wandra, namun kegiatan menjadi penting sebab petugas haji tidak hanya mengingatkan tentang ritual ibadah yang sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW, tetapi juga memberikan info teknis berkenaan kondisi terkini di lapangan.

Selanjutnya dikabarkan dia, usai materi manasik hari ini oleh TPHD Padang Pariaman dan diakhiri dengan sesi tanya jawab, sebagai penutup, TPHD Padangpariaman juga mengajak jamaah ikut mendoakan kesuksesan terwujudnya Tarok City di Padangpariaman sebagai kawasan terpadu. (Af/OLP)