Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Danrem Wirabraja Bawa Lamtera Untuk 'Menerangi' Padangpariaman

15 Agustus 2017 | 15.8.17 WIB Last Updated 2017-08-15T12:37:43Z

Pariaman -- Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja, Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, sosialisasikan Program Lamtera (lampu lentera rakyat) di hadapan pejabat Pemkab Padangpariaman di rumah dinas Bupati di Pariaman, Selasa (15/8/2017).

Lamtera kata Danrem merupakan program yang telah menerangi 256.000 rumah di seluruh Indonesia. Lamtera bertujuan menghadirkan tentara di tengah masyarakat dengan bekerjasama bahu membahu menerangi daerah yang belum teraliri listrik.

"Lamtera diciptakan oleh Ujang Koswara seorang warga Garut, Jawa Barat, yang terinspirasi dari kondisi kampungnya sendiri yang belum mendapat aliran listrik untuk penerangan," papar Danrem.

Dia, lanjut Danrem, berusaha mencari jalan bagaimana supaya kampungnya memiliki listrik, mulai dari mikrohidro, air listrik, solar panel, namun masih membutuhkan banyak biaya dan highrisk.

Kemudian munculah niat bagaimana menciptakan lampu hemat biaya untuk rakyat yang terinspirasi dari lampu LED pada handphone.

"Lamtera ini tidak dikomersilkan namun melalui yayasan dan dibuat oleh para tentara serta ada yang dibuat di Lapas Sukamiskin, karang taruna, anak putus sekolah untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat putus sekolah," jelas Danrem.

Menurut Danrem, 1 lampu Lamtera digaransi selama10 tahun, 3 jam cas melalui genset maka dapat dipakai selama 1 bulan yang berbahan LED.

"Bisa, dengan daya 1 watt mampu terang 10 watt dan biaya cuma bayar Rp 2.000 sebulan. Semua itupun dibantu oleh Babinsa di lapangan untuk pemasangan dan pengecasan dibantu Babinsa memasang," tutur Danrem.

Di Padangpariaman, imbuh Danrem, sudah dipasang di Kecamatan Sungai Limau kepada sebanyak 100 kepala keluarga dan akan terus ditambah.

TNI kata dia, juga telah mengandeng PT Semen Padang untuk meluncurkan CSRnya bersama TNI dengan program Lamtera melalui MoU yang disepakati bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di tingkat pusat.

Ia mengatakan bahwa program itu diterapkan untuk daerah terpencil di Indonesia yang merupakan wujud kepedulian TNI kepada masyarakat agar juga dapat merasakan kemerdekaan dalam penerangan menjelang HUT RI ke-72.

Plh Sekda Padangpariaman Hannibal, mengungkapkan rasa haru dan bahagianya dengan dipilihnya Padangpariaman menerima program Lamtera.

"Saya begitu terharu dengan program dari Danrem ini. Inilah yang kita butuhkan untuk menerangi setiap pelosok Padangpariaman. Saya akan mengusulkan kepada Bupati dan Ketua DPRD agar program ini juga dilaksanakan oleh pemda, dan dimasukan dalam APBD Padangpariaman 2018," ungkapnya.

Menurut Hanibal, masih banyak daerah di pelosok Padangpariaman yang belum beruntung mendapatkan aliran listrik.

Untuk itu, Hanibal berharap program serupa akan diterapkan oleh Pemkab Padangpariaman untuk menerangi Kabupaten Pendidikan di Sumbar itu.

Sosialiasi Lamtera turut dihadiri Dandim 0308 Pariaman, Direktur Utama PT Semen Padang, Kapolres Pariaman, Wakil Ketua DPRD Mothia Azis, Kepala BKPSDM Anwar, Kepala Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Hendra Aswara, dan pejabat di lingkungan Pemkab Padangpariaman. (Vandu)
×
Berita Terbaru Update