Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

[Tarok City] Wiztian Yoetri: Ali Mukhni Memikirkan Yang Tak Terpikirkan Orang Lain

7 Juni 2017 | 7.6.17 WIB Last Updated 2017-06-07T08:52:54Z
Pembukaan lahan jalur masuk ke kawasan Tarok City. Foto: Hendra Aswara
Pariaman -- Pembangunan kawasan terpadu di Tarok, Nagari Kapalo Hilalang, Kec. 2x11 Kayu Tanam mendapat dukungan dari tokoh dan perantau demi kemajuan Sumatera Barat, khusunya Padangpariaman.

Kawasan yang dikenal Tarok City seluas 697 hektar itu merupakan jawaban atas ketersediaan lahan untuk pembangunan skala besar. Artinya Bupati Ali Mukhni berperan aktif dalam memajukan Sumbar dengan menyediakan tanah yang bebas ganti rugi, statusnya clear and clean sehingga siap bangun kapan saja.

"Pak Ali Mukhni melakukan sesuatu yang tak pernah terpikirkan oleh orang lain. Artinya, beliau setiap hari memikirkan bagaimana masyarakatnya bisa sejahtera, berpenghasilan layak dan keluar dari kemiskinan. Seperti pembangunan Kawasan Tarok City," ujar
tokoh masyarakat Piaman Wiztian Yoetri di Padang beberapa hari lalu.

Adapun infrastruktur yang akan dibangun di Kawasan Tarok City di antaranya Unand, UNP, ISI Padang, UIN Imam Bonjol, Diklat LAN, Diklat Kejagung, Diklat BPN, Rumah Sakit dan kawasan perkantoran.

"Kita berharap keberadaan Kawasan Pendidikan Terpadu di Tarok yangg hijau dan  berhawa sejuk itu akan menginspirasi lahirnya generasi hebat di Sumatera Barat," ujar wartawan senior yang sekarang menjabat Komisaris Semen Padang itu.

Ditambahkannya bahwa Padangpariaman beruntung memiliki Bupati Ali Mukhni. Bupati menurut dia seorang pekerja keras dan tidak pernah berhenti "bermimpi" dalam menggerakkan semua potensi yang ada. Sehingga aktivitas pembangunan berjalan lancar dengan dukungan masyarakat serta segenap stakeholder.

"Bertahun-tahun ratusan hektar di kawasan Tarok itu terhampar. Sebentar (lagi akan) menjadi Kota Satelit," imbuh mantan Sespri Bupati Padangpariaman 1980-1990 Alm. Anas Malik itu.

Ke depan, tambahnya, diharapkan pemerintah daerah untuk lebih fokus, terukur dan terarah menyiapkan kajian yang menyeluruh terutama untuk sosial ekonomi dan tata ruang, sehingga kawasan terpadu yang direncanakan, dapat direalisasi melalui tahapan yang benar dan konkrit.

"Pembangunan sarana fisik sejalan dengan eksistensi masyarakat (dan) lingkungan," sebutnya.

Ia juga apresiasi pembangunan Tarok Ciyt sebagai kawasan pendidikan terpadu yang  telah mendapat dukungan penuh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

"Dukungan itu akan membawa perubahan luarbiasa bagi Kabuapaten Padangpariaman ke depan," tukuknya.

Wiztian Yoetri berkata bahwa Tarok City memiliki lokasi strategis di jalur lintas Padang-Bukittinggi. "Juga akan berdampak signifikan bagi derap pembangunan Sumatera Barat terutama bagi kabupaten tetangga seperti Padang Panjang, Agam,Tanah Datar, Solok, Bukittinggi dan Padang," pungkasnya.

HA/OLP
×
Berita Terbaru Update