Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Meski Dibebaskan Parpol Pengusung, Genius Belum Putuskan Balon Wakil

20 Juni 2017 | 20.6.17 WIB Last Updated 2017-06-20T13:50:36Z

DPD PAN Kota Pariaman memberikan kebebasan kepada bakal calon (balon) walikota yang diusungya pada Pilkada Pariaman 2018 mendatang. Genius Umar yang telah ditetapkan melalui rapat internal PAN Kota Pariaman itu diberikan kewengangan memilih sendiri bakal calon wakil walikota yang akan mendampinginya pada Pilkada 2018 mendatang.

Ketua PAN Pariaman, Priyaldi, mengatakan, meskipun pihaknya telah diinstruksikan DPP PAN agar secepatnya melakukan penjaringan bakal calon wakil walikota, namun penjaringan tidak harus dilaksanakan apabila Genius yang diplenokan sebagai balon walikota dari PAN itu telah memiliki balon wakil walikota sendiri.

“Kita di DPD PAN Sumatera Barat telah diinstruksikan agar melakukan penjaringan balon wakil. Namun instruksi itu tidak mutlak, karena DPP tetap memberikan peluang dan kebebasan. Apabila balon walikota yang telah diplenokan oleh DPD, maka balon boleh memilih sendiri pendampingnya, namun dengan kriteria yang disepakati,” jelas Priyaldi di Pariaman, Selasa (20/6/2017) siang.

Hak menentukan pasangan balon yang akan diusung pada Pilkada merupakan langkah awal untuk menciptakan kepala daerah yang solid dilakukan oleh PAN. Hal ini, imbuh dia, didasari fenomena di berbagai daerah, kepala daerah yang pecah kongsi setelah dilantik menjadi menjadi walikota dan wakil walikota yang diawali pengusungan dengan paksanaan atau pertimbangan politis lainnya.

“Di banyak daerah fenomenanya baru dilantik beberapa bulan saja walikota dan wakil walikotanya sudah ada yang pecah kongsi, rebutan pengaruh. Nah, inilah yang ingin kita cegah. Jika dari awal diberikan kebebasan memilih pasangan wakil yang memiliki kesamaan visi, cara pandang, tentu akan awet duet kepemimpinannya dan pemerintahan pun berjalan dengan baik,” ulasnya.

PAN yang memiliki perolehan dua kursi di DPRD Kota Pariaman itu dikabarkan telah melakukan komunikasi politik dengan sejumlah parpol, seperti Partai PBB. PAN yang memperoleh dua kursi diakumulasikan dengan perolehan 3 kursi PBB telah memenuhi syarat pengusungan satu pasangan calon.

Terpisah, Genius Umar mengatakan hingga saat ini dirinya belum memiliki nama balon wakil walikota yang akan pendampingnya pada Pilkada Kota Pariaman 2018. Meskipun sejumlah nama senter digadang-gadang akan mendampingi sebagai wakil, namun belum juga diputuskan. Menurut Genius, saat ini ia bersama PAN fokus membangun koalisi dengan sejumlah parpol di Kota Pariaman.

"Menjalin komunikasi politik sudah ada, baik langsung ataupun melalui partai politik. Namun saat ini saya belum putuskan dengan siapa akan maju nantinya, karena tentu butuh penjajakan,” ujarnya.

Bagi Genius, mencari pasangan calon walikota dan wakil walikota bukanlah permasalahan sederhana. Penjajakan karekter, gaya memimpin dan kesamaan visi menjadi pertimbangan dirinya memilih sosok balon wakil yang akan mendampinginya.

Ditegaskan Genius, meskipun telah diberikan kebebasan menentukan pasangan calon, sebagai balon yang diusung melalui jalur parpol, ia akan tetap diskusikan dengan pihak parpol pengusung.

Nanda
×
Berita Terbaru Update