Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

LAN RI Akan Bangun 3 Gedung di Tarok City

20 Juni 2017 | 20.6.17 WIB Last Updated 2017-06-19T18:05:28Z
Berfoto bersama setelah presentasi
Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Adi Suryanto, sampaikan keinginannya untuk dirikan tiga lembaga pendidikan di Kawasan Tarok City kepada Bupati Padangpariaman Ali Mukhni di ruang pertemuan LAN RI, Jalan Veteran, Jakarta, Jumat (16/6/2017).

"Setelah mendengarkan pemaparan dan tayangan video presentasi Bapak Bupati, kami tertarik untuk mendirikan tiga lembaga pendidikan milik LAN di Tarok City," kata dia.

Tiga lembaga yang hendak didirikan LAN RI tersebut adalah Diklat ASN, Diklat Assesment dan Politeknik Administrasi Negara.

Menurut Adi, LAN RI mengemban misi memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan kapasitas aparatur negara dan sistem administrasi negara guna mewujudkan tata pemerintahan yang baik, melalui pengembangan inovasi administrasi negara. LAN juga melakukan pengkajian kebijakan, pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan aparatur negara, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi administrasi.

"Untuk mewujudkan misi tersebut, LAN butuh banyak lembaga pendidikan peningkatan kompetensi dan kualitas ASN seluruh Indonesia," jelas Adi.

Saat ini, ujar dia, pihaknya memiliki tujuh lembaga pendidikan yang tersebar di lima daerah di Indonesia. Empat Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) di Bandung, Makassar, Samarinda dan Aceh. Tiga Sekolah Tingi Ilmu Administrasi (STIA) di Bandung, Jakarta dan Makassar.

Rencana pembangunan di Tarok City jika terealisir, lanjut dia, maka akan menjadi lembaga pendidikan LAN kedua di Sumatera dan menjadi pertama di Indonesia di mana ada tiga lembaga pendidikan milik LAN di satu kawasan.

Adi meminta waktu kepada bupati untuk mengkaji dan menyusun kelembagaan lembaga pendidikan yang akan dibangun di Tarok City --karena dua lembaga yang akan didirikan merupakan lembaga baru dan terobosan dari LAN RI.

Bupati Ali Mukhni yang didampingi Kepala BKPSDM Provinsi Sumbar Kepala Bapelitbangda, Ali Amran, Kabag Humas Andri Satria Masri sengaja datang ke LAN RI atas undangan resmi Kepala LAN RI terkait rencana hibah tanah di kawasan Tarok City untuk LAN RI.

Menurut Ali Mukhni, dia diundang untuk menindaklajuti pembicaraan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, dengan Menteri PAN RI Asman Abnur bersama dirinya terkait dengan rencana hibah tanah untuk pendirian Politeknik oleh Pemerintah Kabupaten Padangpariaman kepada LAN RI.

"Kami sudah siapkan 100 hektar untuk LAN RI dengan sertifikat gratis dari Pemerintah Kabupaten Padangpariaman dan BPN Padangpariaman," sebutnya.

Kembali kepada Kepala LAN. Tawaran hibah tanah seluas itu dinilainya terlalu besar. Pihaknya menyatakan cukup 45 hektar saja. Kepala LAN RI berjanji akan secepatnya menindaklanjuti rencana itu.

"Kalau semuanya mendukung, tahun 2017 ini juga kita realisasikan. Tanggal 4 Juli nanti akan kami kirim staf untuk meninjau ke Tarok City," pungkasnya.

ASM
×
Berita Terbaru Update