Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kunjungi Kantor KPU, Kapolres Pariaman Petakan Kerawanan Pilkada

22 Juni 2017 | 22.6.17 WIB Last Updated 2017-06-22T09:54:09Z

Air Santok -- Kapolres Pariaman, AKBP Bagus Suropratomo petakan keamanan objek vital KPU menjelang Pilkada Kota Pariaman 2018 mendatang. Jalan masuk kantor KPU menuju gerbang kantor KPU yang buntu, akan menyulitkan proses evakuasi personil KPU, jika seandainya terjadi situasi kekacauan pada tahapan Pilkada.

"Kita akan lakukan pemetaan dulu. Dengan kondisi letak kantor seperti ini, maka seperti apa pengamanan yang kita siapkan jika terjadi situasi cheos pada Pilkada mendatang. Akan kita buatkan strategi pengamanan dan evakuasi nantinya,” ujarnya saat mengunjungi Kantor KPU Kota Pariaman, Kamis (22/6/2017).

Menurut Bagus, kepolisian memiliki kewenangan dan tanggung jawab untuk melakukan pengamanan pelaksanaan tahapan Pilkada dengan sasaran meliputi pengamanan penyelenggaraan seperti komisioner dan staf KPU Kota Pariaman-Panwaslu Kota Pariaman, pasangan calon dan objek vital lainnya. Pengamanan akan dimulai saat dimulainya tahapan awal Pilkada pada bulan September 2017 mendatang.

“Pengamanan akan kita lakukan sejak tahapan awal Pilkada dimulai hingga tahapan akhir, yaitu pelantikan pasangan calon terpilih nantinya,” ungkapnya.

Khusus kepada pasangan calon walikota dan wakil walikota, sebut dia, Polres Pariaman akan melakukan pengamanan tertutup dan melekat kepada setiap pasangan calon sepanjang tahapan.

“Kita akan tempatkan 1 orang personil per satu orang pasangan calon yang melekat pada seluruh aktivitas pada tahapan pilkada. Khusus pengamanan ini kita lakukan setelah ditetapkannya pasangan calon,” sebut dia.

Sementara itu, komisioner KPU Kota Pariaman Indra Jaya mengatakan, KPU Kota Pariaman menyerahkan persoalan pengamanan kepada Polres Pariaman. Hal tersebut telah dilakukan koordinasi dengan menyampaikan prediksi tahapan kepada Polres Pariaman pada awal Juni 2017 yang lalu.

“Tentunya pengamanan kita serahkan kepada kepolisian dan bahkan kita telah sampaikan prediksi tahapan Pilkada Kota Pariaman kepada pak Kapolres,” jelasnya.

Nanda
×
Berita Terbaru Update