Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hilal Belum Juga Tampak di Ulakan, Syatariah Tetap Lebaran Esok Hari

25 Juni 2017 | 25.6.17 WIB Last Updated 2017-06-25T12:53:21Z

Ulakan -- Jamaah Tarekat Syatariyah di Padangpariaman melaksanakan salat Idul Fitri 1438 Hijriyah esok hari, Senin (26/6/2017) pagi. Kepastian tersebut setelah dilakukannya rukyatul hilal di berbagai daerah di Padangpariaman dan daerah lainnya.

Meskipun hilal tidak terlihat di beberapa titik pengamatan di Pariaman, namun ketetapan 1 Syawal pada esok hari setelah hilal terlihat di daerah luar Sumatera Barat seperti Rimbo Panjang Riau dan daerah lainnya.

Ulama Tarekat Syatariyah Padangpariaman, Suhaili Tuanku Mudo mengatakan, penetapan 1 Syawal bagi Jamaah Tarekat Syatariyah menggunakan dua metode, yaitu metode hisab taqwin dan rukyatul hilal. Dengan terlihatnya hilal, maka Ramadhan 2017 berumur 29 hari.

"Umur Ramadhan tahun ini adalah 29 hari," ujarnya.

Dikatakannya, esok hari, salat Idul Fitri akan dilaksanakan di seluruh masjid dan surau jamaah Tarekat Syatariyah di Kabupaten Padangpariaman.

"Besok serentak salat hari raya Idul Fitri di seluruh masjid dan surau kita. Tidak hanya di Pariaman, tapi juga di wilayah lain di dalam dan di luar Sumatera Barat.

Khusus daerah Ulakan, jamaah dapat melaksanakan salat Idul Fitri di halaman makam Syeikh Burhanuddi.

"Jika cuacanya cerah, salat di halaman makam, namun jika kondisi hujan akan dialihkan ke dalam Masjid Agung," pungkasnya.

Nanda
×
Berita Terbaru Update