Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Begini Skenario BPBD Pariaman Amankan Zona Wisata Selama Lebaran

13 Juni 2017 | 13.6.17 WIB Last Updated 2017-06-13T04:13:47Z

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman akan turun dengan kekuatan penuh mengamankan aktivitas liburan selama hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah di sepanjang zona wisata Kota Pariaman.

Kepala BPBD Kota Pariaman Yaminurizal, Selasa (13/6/2017), di Pariaman, mengatakan pihaknya telah membuat skenario pengamanan statis dan preventif guna mengantisipasi berbagai kemungkinan.

Untuk pengamanan statis, sebut Yaminurizal pihaknya akan menyiagakan sebanyak 35 personel di zona pariwisata yang berada di wilayah Pariaman Tengah meliputi sepanjang Pantai Kata, Pantai Gandoriah hingga ke Pantai Pauh dan Pulau Angsoduo.

"Khusus Pulau Angsoduo kita siagakan kapal beserta personil. Setiap dua jam kita lakukan patroli laut. Pengamanan di mulai dari Pantai Sunur hingga Pantai Naras atau perbatasan kota dengan kabupaten," ungkap Yaminurizal.

Pengamanan tersebut yakni dengan menyiagakan personel dalam setiap jarak 200 meter di sepanjang 12 kilometer garis pantai Pariaman. Hal itu menurutnya agar tidak ada blankspot penjagaan dan kealpaan petugas jika sewaktu-waktu terjadi peristiwa kebencanaan.

"Untuk wilayah Pariaman Utara dan Pariaman Selatan kita siagakan masing-masing tiga petugas," sambung Yaminurizal.

Sedangkan skenario preventif, imbuh Yaminurizal, petugasnya juga disiagakan di beberapa zona larangan mandi di sepanjang Pantai Pariaman. Petugas akan berjaga dan memantau aktivitas wisatawan di zona tersebut agar tidak terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

"Petugas akan melakukan pendekatan dengan memberikan pemahaman kepada orangtua yang membawa anak agar melarangnya mandi di lokasi larangan. Tindakan ini diperlukan mengingat acap kali para orangtua membiarkan saja anaknya mandi dan menghiraukan potensi ancaman," tuturnya.

Di samping itu, BPBD juga terus melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait potensi cuaca selama lebaran nanti. Kata Yaminurizal, dari haril koordinasinya, cuaca selama lebaran diperkirakan cukup baik.

"Insya Allah selama lebaran cuaca bersahabat," pungkasnya.

OLP
×
Berita Terbaru Update