Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

TRC BPBD Padangpariaman Latih Teknik Penyelamatan di Gunung dan Hutan

17 Mei 2017 | 17.5.17 WIB Last Updated 2017-05-17T13:11:27Z
ilustrasi pelatihan
Pemkab Padangpariaman gelar pelatihan Search and Rescue (SAR) gunung dan hutan, untuk meningkatkan keterampilan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padangpariaman di Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Selasa (16/5/2017).

Sekda Jonpriadi mengatakan, untuk menciptakan TRC yang cepat tanggap dan tangguh di segala medan bencana, dibutuhkan pelatihan tekhnis yang mumpuni. Tim yang cekatan, akan cepat menanggulangi setiap bencana yang terjadi di wilayah Padangpariaman.

"Mewujudkan hal itu kita gandeng Basarnas Kantor SAR Padang untuk memberikan pelatihan," ungkap Jonpriadi.

Ia mengatakan, pelatihan tersebut sangat penting mengingat Padangpariaman memiliki 11 sungai, area bukit dan hutan yang rawan akan bencana alam seperti banjir dan longsor saat musim hujan.

"Kita ingin menciptakan TRC yang kompeten, tenang dalam setiap situasi, seperti permintaan korban yang saling rebutan saat bencana terjadi," sambungnya.

Desakan dari pihak korban bencana yang ingin didahulukan tersebut ditemui ketika gempa Sumbar yang terjadi pada September 2009. Ia mengimbau TRC harus memberikan ketenangan dan tidak boleh membeda-bedakan orang. Dahulukan yang benar-benar membutuhkan.

Selain hal tersebut, imbuh sekda, TRC juga dituntut mampu menjalin koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak terkait dan masyarakat.

Kepala BPBD Padangpariaman, Amiruddin menyebutkan pelatihan diikuti oleh 40 orang peserta selama empat hari ke depan. Ia yakin setelah lulus pelatihan, TRC Padangpariaman akan menjadi TRC yang tangguh, tangkas dan selalu siaga.

TIM
×
Berita Terbaru Update