Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Syafinal Akbar Tinjau Pelaksanaan Pilkades di Desa Pauh Barat

14 Mei 2017 | 14.5.17 WIB Last Updated 2017-05-14T05:34:50Z

Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar, tinjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak sembilan desa di Kota Pariaman, Minggu (14/5/2017), salah satunya di Desa Pauh Barat, Pariaman Tengah. Pilkades untuk memilih kepala desa masa jabatan enam tahun, periode 2017 hingga 2023.

"Pilkades merupakan mementum bagi masyarakat desa untuk memilih pemimpin yang berkualitas, secara bebas dan demokratis," ujar Syafinal Akbar didampingi Bendahara Pemuda Pancasila Kota Pariaman, Kardinal Feri.

Ia mengatakan, dengan besarnya dana desa yang dikelola pemerintah desa, diharapkan dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat desa. Desa sebagai ujung tombak pemerintahan, harus mampu mengelola dana tersebut untuk membangun berbagai sarana, baik fisik maupun sumber daya masyarakat di desa masing-masing.

"Desa sebagai ujung tombak pemerintahan adalah penentu kesuksesan program Nawacita yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo," sebutnya.

Menurut Ketua PPKD BPM-Des Kota Pariaman, Mirda Wati, pemilihan kepala desa di Desa Pauh Barat berlangsung di tiga tempat pemungutas suara (TPS) dengan jumlah pemilih 1.280 yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap.

"TPS di Labuh Raya dengan 481 pemilih, TPS Dusun Pasir Selatan di SD 11 dengan 489 pemilih dan TPS Dusun Pauh Utara di TK Pasir Pauh dengan 310 pemilih," ungkap Mirda.

Pemilihan, kata dia mulai dibuka sejak pukul 08.00 hingga pukul 13.00 WIB. Usai makan siang dan salat pukul 14.00 WIB, dilanjutkan dengan penghitungan suara di masing-masing TPS. Selanjutnya pada pukul 16.00 WIB akan dilakukan penghitungan suara tingkat desa di Kantor Desa Pauh Barat.

Mirda menjelaskan, empat kandidat di Pilkades Pauh merupakan calon terbaik hasil penjaringan masyarakat melalui aspirasi desa. Keempat calon kepala desa tersebut adalah Harianto, Mayurli, Bendriwan dan Wanas Iqbal Tawaqal.

Desa Pauh Barat sendiri pada tahun 2017 mendapatkan dana desa sebesar Rp1,8 miliar. Dana besar tersebut merupakan tantangan bagi kepala desa terpilih untuk membangun desa yang terkenal dengan masakan gulai kepala ikannya tersebut.

Sembilan desa yang menggelar Pilkades serentak 2017 adalah satu desa di Pariaman Tengah yakni Pauh Barat, tiga desa di Pariaman Timur yakni, Desa Bato, Desa Koto Marapak dan Desa Kampuang Tangah. Untuk Pariaman Selatan ada empat desa yakni Desa Marabau, Desa Sikabu, Desa Sungai Kasai dan Desa Rambai. Di Kecamatan Pariaman Utara hanya satu desa yakni Desa Tungkal Selatan.

"Nama kepala desa terpilih nantinya akan ditetapkan di Dinas BPM-Des Kota Pariaman untuk seterusnya dilantik melalui Surat Keputusan Walikota Pariaman," pungkasnya.

OLP
×
Berita Terbaru Update