Penemuan Bayi Oleh Warga Gemparkan Sungai Geringging

Bayi saat ini dirawat di Puskesmas Sungai Geringging
Sungai Geringging -- Penemuan bayi di Korong Tanjung Alai, Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padangpariaman gegerkan warga, Senin (29/5/2017) pagi.

Bayi berjenis kelamin perempuan berselimutkan kain itu, ditemukan di rumah Nasrul (65), di Korong Tajung Alai, Nagari Kuranji Hulu sekitar pukul 07.00 WIB. Bayi tersebut ditemukan tergeletak sedang menangis di pondok bambu di depan rumahnya.

Kini, bayi tersebut telah dievakuasi ke Puskesmas Sungai Geringging untuk mendapatkan perawatan dan makanan beserta tindakan medis.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sungai Geringging Polres Pariaman, AKP Rahmat, menjelaskan pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap orang yang membuang bayi yang diperkirakan berumur 1 minggu tersebut. Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu saksi pemilik rumah bayi ditemukan untuk membuat laporan.

"Kita masih menunggu laporan dari saksi dan melakukan pengumpulan keterangan-keterangan. Untuk sementara belum bisa dipastikan motif pembuangan bayi tersebut," jelasnya.

Dijelaskan Rahmat, dari pengumpulan keterangan sementara di TKP, dimungkinkan pelaku meletakkan bayi pada dinihari saat kondisi pemukiman sepi.

Ia mengaku telah berkoordinasi dengan bidan, puskesmas dan dukun beranak yang ada di Kecamatan Sungai Geringging untuk mengetahui data ibu yang melahirkan yang ditangani bidan dan puskesmas. Namun pendataan yang dilakukan, belum ada ditemukan ibu melahirkan dengan waktu berdekatan waktu pembuangan bayi malang itu.

"Dari pendataan dan koordinasi kita dengan bidang dan puskesmas, belum mengarah pada peristiwa tersebut," jelasnya.

Dikatakan Rahmat, ia akan berkoodinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Padangpariaman untuk perawatan dan pengasuhan bayi malang tersebut.

"Kita koordinasikan dengan pihak Dinas Sosial untuk perawatan dan pengasuhannya," tutupnya.

Nanda