Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemkab Padangpariaman Launching Sippera

22 Mei 2017 | 22.5.17 WIB Last Updated 2017-05-22T12:10:01Z

Paritmalintang -- Sekretaris Daerah Padangpariaman Jonpriadi, launching Sistem Informasi Perencanaan Penggangaran (SIPPERA) di Hall IKK, Paritmalintang, Senin (22/5/2017).

SIPPERA merupakan perangkat lunak (aplikasi) yang dikembangkan dengan tujuan untuk membantu Pemkab Padangpariaman untuk mewujudkan pengganggaran yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel. Tujuan jangka panjang aplikasi ini sendiri adalah dapat dikembangkan dalam skala kabupaten dan disinkronkan dengan Sistim Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) yang telah diimpelentasikan sejak tahun 2008 lalu.

Sekda Jonpriadi memuji SIPPERA yang dirancang oleh Kabag Perencanaan Keuangan (Rankeu) Armeyn Rangkuti itu. Ia berharap aplikasi tersebut dapat segera dijalankan untuk jangka panjang dalam skala Kabupaten.

“Secara pribadi, kami sangat senang dan bangga dengan aplikasi ini. Namun, kami sangat berharap setiap aplikasi yang dibuat dan dilaunching segera diterapkan dan dilanjutkan penerapannya. Jangan hanya sebatas sekedar memenuhi tuntutan proyek perubahan dalam Diklatpim,” kata dia.

Armeyn Rangkuti pada kesempatan itu menjelaskan latar belakang ide pembuatan aplikasi SIPPERA. Mantan Kabag Umum itu mengatakan bahwa banyaknya program kegiatan di sekretariat daerah yang tidak sesuai dengan visi-misi OPD --bahkan berdempet dengan OPD lain-- menjadi kekurangan dari sistem perencanaan yang masih menggunakan sistem manual. Selain itu, jelasnya, Kementerian Komunikasi dan Informasi juga meminta setiap daerah untuk menggunakan sistem pengangaran berbasis eletronik dan online.

“Berangkat dari permasalahan tersebut, timbul ide dari kami bagaimana perencanaan pengganggaran yang manual ditinggalkan dan beralih dengan penggunaan sistem eletronik. Perencanaan pengangaran melalui teknologi informasi kami beri nama Sippera,” ujar Armeyn.

Armeyn menjelaskan beberapa manfaat pengunaan aplikasi SIPPERA, diantaranya perencanaan pengganggaran sesuai dengan visi misi OPD, perencanaan pengganggaran sesuai dengan program dan kegiatan OPD dan hasil Musrenbang, program dan kegiatan sesuai tupoksi masing-masing bagian, efisiensi waktu penyusunan perencanaan pengganggaran dan menghemat pengeluaran operasional, serta dapat diinput dimana saja oleh operator.

"Saya berharap aplikasi SIPPERA itu dapat dijalankan secara maksimal dan penggunaanya dapat ditingkatkan ke level perencanaan kabupaten," sebutnya.

  
Rescy
×
Berita Terbaru Update