Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Didukung Tenaga Medis Teladan, Puskesmas Batang Gasan Berpeluang Wakili Sumbar Tingkat Nasional

17 Mei 2017 | 17.5.17 WIB Last Updated 2017-05-17T07:02:47Z

Puskesmas Batang Gasan mewakili Kabupaten Padangpariaman dalam lomba puskesmas berprestasi dan tenaga kesehatan teladan tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2017. Sedangkan untuk dokter dan tenaga medis berprestasi, diwakili oleh Puskesmas Sungai Geringging.

Tim Juri dari Provinsi Sumatera Barat yang diketuai oleh Lila Yanwar, Selasa (16/5/2017), disambut Ketua DPRD Padangpariaman Faisal Arifin dan Kepala Dinas Kesehatan Padangpariaman Aspinuddin, mulai melakukan penilaian di Puskesmas Batang Gasan.

Ketua DPRD Padangpariaman Faisal Arifin pada kesempatan itu mengatakan bahwa Puskesmas Batang Gasan akan mampu memenuhi indikator penilaian juri untuk menjadi yang terbaik di Sumatera Barat.

"Dalam 15 tahun Puskesmas Batang Gasan sudah berbenah, momen inilah saatnya meraih prestasi terbaik," ujarnya.

Sebelum penilaian, tim juri disambut gerak bersama diiringi lagu dangdut. Suasana menjadi meriah. Dewan juri dan tenaga medis di puskesmas tersebut sama cerianya pagi itu.

Menurut Staf Ahli Bupati Padangpariaman Suarni Murad, puskesmas berprestasi adalah puskesmas yang mampu memberikan kepercayaan kepada masyarakat terhadap fasilitas kesehatan. Ia mengatakan Puskesmas Batang Gasan telah mampu meningkatkan pelayanan yang kompetitif disamping perangkat kerja yang kompak.

"Manfaat penilain ini bagi dinas kesehatan ialah sebagai wahana peningkatan mutu kinerja melalui peningkatan berkesinambungan sistem manajemen puskesmas. Mudah-Mudahan Puskesmas Batang Gasan Menjadi juara. Tunjukan pada tim penilai bahwa kita layak jadi pemenang," ungkap Suarni Murad.

Lili Yanwar menyebutkan bahwa penilaian mencakup kinerja pokok, pelayanan masyarakat, kerjasama puskesmas dengan masyarakat, dan peran serta camat dan muspika dalam menunjang  pelayanan kesehatan masyarakat.

"Yang utama sekali ialah menurunkan yang sakit dan meningkatkan yang sehat," ujarnya.

Ia mengatakan, pada tahun 2015 Puskesmas Siberut Mentawai berhasil meraih juara 1 nasional dan pada tahun 2016 Puskesmas di Dharmasraya mendapat Juara II nasional Puskemas Berprestasi. Pokok penilaian dari tim penilai sendiri terdiri dari unsur Poltekes, BPJS dan Dinas Kesehatan.

"Bukan tidak mungkin Puskesmas Batang Gasan tahun ini yang akan ke Istana Negara bertemu dengan Presiden," ia memberi semangat.

TIM
×
Berita Terbaru Update