15 April 2017

Umat Kristen Rayakan Paskah, Polsek Batang Anai Geledah Barang Pengunjung Gereja

Polwan periksa barang bawaan jemaat untuk keamanan Paskah Jumat Agung
Polsek Batang Anai lakukan penggeledahan barang bawaan dan badan pengunjung gereja di Korong Tanjung Basung II, Nagari Sungai Buluh Barat, Kecamatan Batang Anai, Padangpariaman, Jumat (14/4/2017). Terdapat dua gereja yang merayakan Paskah atau Jumat Agung di Korong Tanjung Basung II, yaitu Gereja Katolik Kristus Bangkit dan Gereja Protestan BNKP.

Kapolres Padang Pariaman AKBP Eri Dwi Yulianto, S.IK melalui Kapolsek batang Anai Iptu Nofrizal Can di sela-sela pengamanan perayaan Paskah gereja BNKP Tanjung Basung II menuturkan, pengamanan dan penggeledahan barang bawaan dan badan Jemaat gereja ataupun pengunjung dilakukan untuk memproteksi gangguan selama perayaan Paskah berlangsung. Dalam penggeledahan tersebut pihaknya juga melibatkan panitia perayaan Paskah untuk memeriksa setiap barang bawaan dan badan dari pengunjung atau Jemaat.

"Terkadang ada jemaat yang berasal dari gereja lain yang datang untuk merayakan Paskah, tentu diperlukan pemeriksaan karena dikuatirkan terjadinya gangguan," jelasnya.

Selain pemeriksaan barang dan badan jemaat sebelum dimulainya Paskah, tingkat pengamanan juga melakukan sterilisasi area dalam dan luar di kedua gereja tersebut.
 

Nofrizal Chan menyebut untuk kegiatan pengamanan Paskah atau Jumat Agung tahun 2017 ini pihaknya menurunkan anggota sebanyak 25 orang personil dari Polsek Batang Anai dan dibackup oleh personil Polres Padangpariaman.

"25 orang personil yang terdiri dari shabara, reskrim dan intelkam dilibatkan dalam pengamanan. Personil yang melakukan pengamanan juga dibackup dari Polres Padangpariaman," ujarnya.

Perayaan ibadah paskah di dua Gereja Korong Tanjung Basung II dilaksanakan selama 4 hari, sejak Kamis (13/4) hingga Minggu (16/4) mendatang.

Nanda