Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Puskesmas Sungai Geringging Optimis Lolos Akreditasi Kemenkes

24 April 2017 | 24.4.17 WIB Last Updated 2017-04-24T11:13:37Z

   
Beberapa puskesmas di Kabupaten Padangpariaman akan dilakukan penilaian akreditasi oleh Kemenkes RI. Salah satu puskesmas yang akan dinilai tersebut adalah Puskesmas Sungai Geringging.

Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 bahwa setiap Puskesmas wajib untuk diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali. Akreditasi merupakan salah satu persyaratan kredensial sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional Pasal 6 ayat (2).

Tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko. Bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

Menurut Kepala Puskesmas Sungai Geringging, Prirama Diska, Senin (24/4/2017), menyebutkan bahwa kesiapan untuk penilaian akreditasi di Puskesmas Sungai Geringging cukup maksimal.

“Kita berusaha untuk berbuat yang terbaik demi majunya atau terakreditasinya Puskesmas Sungai Geringging ini dengan nilai yang memuaskan,” ungkapnya.

Ia menyebut pihaknya sudah melakukan persiapan sejak tahun lalu bersama tim internal puskesmas. Pihaknya optimis akan mendapat nilai terbaik dari tim penilai nantinya.

"Semua persiapan telah kita lakukan dengan matang, mudah-mudahan nantinya sewaktu penilaian tidak ada kendala. Puskesmas Sungai Geringging telah melakukan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan Permenkes No. 75 Tahun 2014,” ucap Kepala Puskesmas Sungai Geringging yang baru menjabat 4 bulan ini.

Pihaknya berharap kepada bidan desa dan kader posyandu agar saling bersinergi, baik itu dalam pelayanan maupun saat penilaian akreditasi nantinya.

Selain melibatkan Internal puskesmas dan kader posyandu, imbuh dia, penilaian akreditasi nantinya juga melibatkan lintas sektoral seperti camat, walinagari, walikorong serta forkopimda di tingkat kecamatan.

"Kita berharap nantinya semua stakeholder di kecamatan juga turut serta menghadiri penilaian akreditasi puskesmas ini," pungkasnya.

TIM
×
Berita Terbaru Update