Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mukhlis, Setiap Produk dan Jasa Masuk Pariaman Akan Uji Standar

16 April 2017 | 16.4.17 WIB Last Updated 2017-04-16T07:55:10Z
Mukhlis berfoto dengan pemenang lomba jalan santai
Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, mengingatkan agar masyarakat untuk kritis atas haknya sebagai konsumen. Hal tersebut disampaikan Mukhlis saat peringatan
Hari Konsumen Nasional di Pantai Gondariah, Minggu (16/4/2017) pagi.

Dikatakannya, ketelitian konsumen dalam memilih produk serta menyadari hak-hak konsumen menjadi tujuan dilaksanakannya peringatan hari konsumen nasional.

Refleksi masyarakat atau konsumen untuk cerdas, kata dia, dapat dinilai dari teknik memilih produk secara teliti dan memastikan produk berlabel SNI.

"Dalam hari konsumen nasional, tentunya kita menyadarkan masyarakat sebagai konsumen akan haknya. Jika telah mengetahui hak-haknya tentu masyarakat di Kota Pariaman akan menjadi konsumen yang cerdas," jelasnya.

Untuk memberikan perlindungan kepada konsumen dalam mendapatkan produk atau jasa, sebut Mukhlis, Pemko Pariaman melakukan uji sampel seluruh produk, khusus makanan Pemko Pariaman melakun uji sampel produk.

Kepala Dinas Koperindag Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit mengatakan, peringatan Hari Konsumen Nasional Kota Pariaman tahun 2017 untuk mendorong masyarakat lebih kritis terhadap hak konsumen dalam membeli produk dan jasa.

Ia menilai masyarakat Pariaman telah beranjak menjadi konsumen cerdas. Hal tersebut dilihat dari indikator laporangan sangketa konsumen di Badan Penyelesaian Sangketa Konsumen (BPSK) Kota Pariaman.

"Selama tahun 2017 telah terdapat 5 sangketa konsumen di Kota Pariaman, salah satunya sangketa Jufidia. 5 sangketa konsumen di Kota Pariaman telah dimediasi oleh BPSK Kota Pariaman. Ini dapat kita jadikan bahwa masyarakat di Kota Pariaman telah menjadi konsumen cerdas," ujarnya.

Menghadapi serangan produk impor luar negeri, Dinas Koperindag Kota Pariaman meningkatkan pengawasan terhadap produk dan mengimbau masyarakat sebagai konsumen lebih cerdas lagi.

Peringatan Hari Konsumen Nasional tahun 2017, dimeriahkan dengan gelaran jalan santai berhadiah, pemilihan duta konsumen tahun 2017 dan pameran stand produk UMKM.

Nanda
×
Berita Terbaru Update